Tahukah Anda, Ilmuwan Telah Menemukan Galaksi Terbesar yang Pernah Ada

Tahukah Anda, Ilmuwan Telah Menemukan Galaksi Terbesar yang Pernah Ada

Nasional | riau24.com | Kamis, 17 Februari 2022 - 15:20
share

RIAU24.COM- Para ilmuwan telah menemukan galaksi terbesar yang pernah ada!Terletak sekitar 3 miliar tahun cahaya, "Alcyoneus" adalah galaksi radio raksasa yang menyebar lebih dari 16,3 juta tahun cahaya(5 megaparsec).

Panjang galaksi ini sangat mencengangkan.Untuk perspektif, jarak tempuh dari Bumi ke tepi alam semesta yang terlihat adalah 45,7 miliar tahun cahaya.Berikut beberapa perspektif lainnya -galaksi rumah kita, Bima Sakti memiliki panjang sekitar 100.000 tahun cahaya.

zxc1

Mengapa Alcyoneus begitu besar?

Meskipun ukurannya sangat besar, galaksi ini agak biasa, seperti Bima Sakti kita sendiri.Galaksi radio raksasa seperti Alcyoneus terdiri dari galaksi induk bersama dengan "semburan dan lobus kolosal yang keluar dari pusat galaksi," jelas ScienceAlert.Ketika lobus dan jet ini berinteraksi dengan mega-galaksi, mereka mempercepat elektron untuk menghasilkan emisi radio.

Lobus radio ini dibuat oleh lubang hitam supermasif aktif yang terletak di tengah.Bahkan Bima Sakti memiliki lobus radio tetapi para ilmuwan tidak mengerti mengapa beberapa galaksi tumbuh dengan ukuran yang begitu besar.

Para ilmuwan berangkat untuk menemukan "lingkungan skala besar yang sangat kondusif untuk pertumbuhan galaksi radio raksasa" di mana galaksi radio raksasa terbesar mungkin ditemukan menggunakan data yang dikumpulkan oleh LOw Frequency ARray (LOFAR) di Eropa.

zxc2

Apa yang mereka temukan sangat mencengangkan."Kami telah menemukan apa yang ada dalam proyeksi struktur terbesar yang diketahui yang dibuat oleh satu galaksi - galaksi radio raksasa dengan panjang sebenarnya yang diproyeksikan [dari] 4,99 0,04 megaparsec. Panjang sebenarnya yang sebenarnya setidaknya ... 5,04 0,05 megaparsec," para peneliti tulis dalam penelitian yang telah diterima untuk dipublikasikan di Astronomy & Astrophysics.

Mereka juga menemukan bahwa galaksi induk memiliki 240 kali massa Matahari dan lubang hitam supermasif di pusatnya lebih dari 400 kali massa Matahari.

Topik Menarik