Meski Masih Wow, Elektabilitas Ridwan Kamil Turun di Jabar, Pengamat Ini Beberkan Penyebabnya!

Meski Masih Wow, Elektabilitas Ridwan Kamil Turun di Jabar, Pengamat Ini Beberkan Penyebabnya!

Nasional | wartaekonomi | Kamis, 17 Februari 2022 - 15:03
share

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan nama Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih Jawa Barat untuk calon presiden 2024. Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah berpandangan, sejak Prabowo bergabung ke pemerintah ada kecenderungan peralihan suara ke Anies Baswedan.

"Sementara Ridwan Kamil sendiri dalam kontestasi Pilpres 2019 dianggap kontra Prabowo, itulah yang membuat pemilihnya berkurang," ungkap Dedi dilansir dari AKURAT.CO, Kamis (17/2/2022).

Dengan kondisi ini, kata Dedi, Ridwan Kamil bisa semakin jauh dari peluang keterusungan di Jawa Barat dan tidak mendominasi.

"Bahkan bisa saja dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024 Ridwan Kamil memungkinkan kesulitan untuk menang jika kembali mengikuti pemilihan," terangnya.

Namun apakah Ridwan Kamil bisa mengejar ketertinggalan suara pemilihnya? Menurut Dedi, dalam politik tidak ada yang mustahil. Ridwan Kamil masih bisa mungkin mengejar ketertinggalan. Namun cukup sulit sebab Ridwan Kamil adalah tokoh non Parpol.

"Untuk menuju keterusungan pun cukup terjal. Saat ini, ia perlu membangun konsolidasi pemilih di Jawa Barat agar solid," tuturnya.

Dedi menambahkan, sebenarnya Ridwan Kamil ini berada pada momentumnya, tokoh Sunda yang menonjol sejauh ini ada pada dirinya.

"Jika ia berhasil memanfaatkan momentum ini, tentu akan berpengaruh signifikan," pungkasnya.

Sebelumnya, SMRC menunjukkan nama Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih Jawa Barat untuk calon presiden 2024.

Survei bertajuk Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat yang dirilis pada 15 Februari 2022 memperlihatkan persaingan empat nama ini konsisten dalam setiap simulasi Manajer SMRC, Saidiman Ahmad menyampaikan bahwa dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10,7 persen.Dalam pertanyaan semi terbuka dengan daftar 29 nama, Anies Baswedan mendapatkan dukungan 17 persen, Prabowo Subianto 16,8 persen, Ridwan Kamil 16,5 persen, dan Ganjar Pranowo 14,9 persen. Nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 4 persen suara. Masih ada 23,1 persen yang belum memberi jawaban, kata dia. []

Topik Menarik