7 Manfaat susu beruang untuk wajah, kulit jadi halus dan cerah

7 Manfaat susu beruang untuk wajah, kulit jadi halus dan cerah

Nasional | brilio.net | Kamis, 17 Februari 2022 - 04:25
share

Brilio.net - Kamu tentu sudah familiar dengan berbagai jenis susu, mulai dari susu sapi, susu kambing, atau bahkan susu kuda. Namun susu beruang mungkin akan terdengar sangat aneh. Uniknya, susu beruang bukan susu yang diambil dari beruang. Melainkan proses produksi susu beruang berbeda dengan jenis susu lainnya, seperti susu sapi atau kambing. Perbedaan dengan proses produksi pada umumnya karena susu beruang menggunakan proses sterilisasi. Proses ini diklaim sebagai proses terbaik.

Susu yang kaya akan kandungan vitamin, lemak, hingga protein sangat baik bagi kesehatan. Terdapat berbagai kandungan susu beruang, antara lain vitamin A, B1, B2, B6,B12, C, D, mineral, dan kalori. Kandungan tersebut membuat susu beruang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, susu beruang juga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit.

Dilansir brilio.net dari Steemit, Rabu (16/02), proses sterilisasi susu beruang dilakukan dengan cara memanaskan susu sampai mendidih. Proses sterilisasi inilah yang akan membuat bakteri dan kuman mati. Untuk melakukan proses sterilisasi pun membutuhkan alat khusus dan memakan biaya yang cukup tinggi.

Proses sterilisasi susu beruang terdapat dua tahapan utama. Pertama sistem Ultra High Temperature (UHT), susu dipanaskan hingga mencapai suhu kurang lebih 137-147 celcius dan dilakukan kurang lebih selama 2 sampai 5 detik. Lalu setelah melawati tahapan pertama, susu dipanaskan kembali dengan suhu 110 hingga 121 derajat celcius, dengan kurun waktu kurang lebih 20 sampai 45 detik.

Terdapat tiga jenis susu beruang dengan kandungan yang berbeda-beda. Pertama, varian bear brand memiliki kandungan susu murni 100% dengan kualitas tinggi dan tanpa bahan tambahan seperti gula. Varian kedua bear brand gold mengandung teh putih yang berasal dari teh pilihan terbaik. Susu beruang yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan E. Dan yang ketiga yaitu varian bear brand gold white malt, memiliki kandungan utama berupa malt yang menjadi sumber energi dan vitamin B1, B2, B6, serta B12.

Susu beruang memiliki kandungan yang begitu banyak. Dari berbagai kandungan tersebut membuat susu beruang mengandung berbagai manfaat terutama untuk kesahatan wajah dan kulit.

Nah, lantas apa saja manfaat susu beruang? Berikut ini berbagai manfaat susu beruang yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/02).

1. Melembapkan kulit wajah.

foto: Pixabay/5882641

Manfaat pertama dari susu beruang untuk wajah yaitu dapat melembapkan kulit. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena adanya kandungan AHA dan vitamin. Kandungan seperti vitamin dan AHA berguna untuk menghidrasi kulit menjadi lebih sehat.

Punya kandungan yang aman dan bebas dari bahan kimia membuat susu beruang cocok untuk semua jenis kulit. Penggunaannya pun cukup dengan mengaplikasikannya menjadi masker. Gunakan susu beruang secara rutin jika kamu menginginkan hasil yang terbaik.

2. Wajah mejadi cerah.

foto: Pixabay/nikaakin

Manfaat selanjutnya yaitu wajah menjadi lebih cerah. Susu beruang dapat membuat wajah menjadi cerah. Susu beruang dapat mencerahkan wajah karena kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Selain ampuh untuk membuat wajah menjadi lebih cerah, susu beruang dapat membantu mengatasi belang di wajah. Dengan begitu warna kulit di wajah pun akan lebih rata.

3. Mengatasi wajah yang berjerawat.

foto: Pixabay/kjerstin_michaela

Susu beruang bermanfaat guna mengatasi jerawat dan bisa untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah. Caranya cukup mudah jika kamu ingin menggunakan susu beruang untuk mengatasi jerawat. Kamu hanya perlu mencampurkan susu beruang dengan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan yaitu perasan jeruk lemon secukupnya.

Sedangkan untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu hanya perlu menggunakan susu beruang guna dijadikan bahan eksfoliasi. Dengan menggunakannya sebagai bahan eksfoliasi, maka susu beruang akan memiliki kinerja untuk mengangkat sel kulit mati. Selain mengangkat sel kulit yang mati, susu beruang juga dapat membantu untuk meregenerasi kulit. Dari proses inilah bekas jerawat di wajah menjadi hilang.

4. Membuat kulit wajah menjadi kencang.

foto: Pixabay/tarzanacosmatics

Kandungan vitamin D membuat susu beruang dapat membantu untuk memproduksi kolagen. Produksi kolagen yang tercukupi membuat susu beruang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan membuat elastisitas kulit wajah terjaga dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, susu beruang bisa digunakan sebagai masker wajah. Susu beruang yang dibuat sebagai masker akan berguna untuk menangkal radikal bebas dan regenerasi kulit, sehingga kulit kamu akan selalu terjaga dengan baik.

5. Kulit wajah menjadi halus.

foto: Pexels/moosephotos

Susu beruangan yang kaya akan nutrisi memiliki manfaat untuk membantu kulit kamu menjadi halus. Nutrisi yang ada di dalam susu beruang akan membantu proses regenerasi kulit. Maka dari itu sel-sel kulit mati yang ada di wajah akan digantikan dengan sel kulit baru.

Kamu bisa menggunakan susu beruang sebagai masker. Untuk mendapatkan hasil kulit menjadi halus kamu harus rajin menggunakan masker susu beruang tersebut.

6. Mencegah kerusakan kulit.

foto: Freepik/lifeforstock

Berbagai kandungan yang ada di dalam susu beruang seperti vitamin A, E, dan vitamin C memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit. Vitamin E, A, dan vitamin C akan membantu proses regenerasi kulit. Dengan adanya proses regenerasi kulit mati, tentu susu beruang dapat mengetasi terjadinya penuaan dini dan meminimalisir kerusakan kulit.

7. Meredakan peradangan kulit.

foto: Freepik

Kandungan vitamin B12 dan vitamin D yang ada di dalam susu beruang memiliki kegunaan untuk meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Vitamin B12 sendiri berguna untuk mengobati dan meredakan kondisi kulit yang mengalami eksim atau biasa disebut dengan dermatiti atopik. Sedangkan untuk vitamin D memberikan manfaat guna meredakan peradangan ringan dan sedang. Selain bermanfaat untuk meredakan peradangan, kandungan vitamin D pada susu beruang akan merangsang terjadinya peremajaan sel kulit mati. Maka dengan demikian sel kulit mati akan berkurang dan berganti menjadi anti-aging.

7 Manfaat susu beruang untuk wajah, kulit jadi halus dan cerah

10 Manfaat minum susu & madu bersamaan, bantu mengurangi stres

25 Manfaat susu kambing untuk kesehatan yang jarang diketahui

5 Jenis susu ini ampuh jaga berat badan, cocok buat diet

10 Manfaat susu almond untuk kesehatan, dapat mencegah diabetes

10 Manfaat susu sapi murni untuk kesehatan, cegah kerusakan gigi

8 Manfaat susu untuk kecantikan wajah dan rambut

Yuk tebak judul drama Korea dari satu foto saja, kamu bisa nggak nih?

Topik Menarik