Catat! Luhut: Kalau Sudah Vaksinasi 2 Kali Plus Booster dan Nggak Ada Komorbid Silakan Jalan-jalan!

Catat! Luhut: Kalau Sudah Vaksinasi 2 Kali Plus Booster dan Nggak Ada Komorbid Silakan Jalan-jalan!

Nasional | wartaekonomi | Selasa, 15 Februari 2022 - 15:39
share

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menekankan pentingnya masyarakat Indonesia untuk mengikuti program vaksinasi sebagai langkah mengatasi pandemi COVID-19. Menurut Luhut, warga yang telah divaksin lengkap dapat lebih aman untuk beraktivitas.

Bahkan Luhut mempersilahkan warga yang telah disuntik vaksin dosis lengkap ditambah vaksin booster makasudahbisa berjalan-jalan. Namun protokol kesehatan harus tetap diterapkan secara ketat.

"Kalau dia memang sudah dua kali divaksin dan sudah booster lalu tak ada komorbid ya jalan-jalan saja. Enggak ada yang perlu dikawatirkan berlebihan," kata Luhut pada Senin 14 Februari 2022.

Selain itu, warga yang divaksin lengkap dan booster dan melakukan kegiatan jalan-jalan juga diingatkan untuk selalu menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Begitu juga dengan tes antigen atau PCR ketika merasakan adanya gejala COVID-19.

"Silakan saja jalan ke mana-mana, masuk mal segala macam tapi tetap gunakan PeduliLindungi. Lakukan PCR atau swab antigen jika merasa ada symptom di dirinya," ujarnya.

Luhut mengatakan, pemerintah tetap memberikan perhatian khusus terhadap kasus COVID-19 di Indonesia hingga saat ini. Namun pemerintah juga tak ingin kasus COVID-19 varian Omicron ini membuat masyarakat di Tanah Air panik berlebih.

"Jangan juga berpikir bahwa pemerintah menganggap enteng, tidak. Saya hanya bicarakan data yang ada yang jangan membuat kita jadi ketakutan berlebihan," kata Luhut lagi.

"Tetapi tetap kita harus berhati-hati menghadapi perilaku dari Omicron yang masih banyak juga yang belum diketahui," lanjutnya.

Topik Menarik