Loading...
Loading…
Terinfeksi Omicron, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Terinfeksi Omicron, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Nasional | sulselsatu.com | Selasa, 15 Februari 2022 - 09:38

SULSELSATU.com Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan mengatakan, gejala klinis yang khas dan terbanyak dari infeksi Omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeritenggorokan, terutama tenggorokan terasa gatal.

Gejala lainnya lagi yang cukup sering tapi tidak khas dialamipasienOmicron adalah mudah lelah, sakit kepala, dan nyeri otot, ucapnya dalam diskusi daring bertajuk Super Immunity on Covid-19 : What and How?, dilansir Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Dengan indikasi gejala-gejala ringan yang hampir menyerupai sakit influenza atau flu ini, Erlina mengingatkan agar petugas kesehatan lebih memperhatikan lagi perbedaan Omicron dengan flu biasa.

Tolong dicermati ini, gejala yang khas dari infeksi Omicron. Memang sedikit mirip dengan flu, tapi flu itu jaranglohnyeri tenggorokan dan tenggorokan gatal, jelasnya.

Adapun untuk pasien yang terpapar Omicron, Erlina meminta mereka agar tidak perlu cemas dan tetap fokus pada diri sendiri dengan menjalani pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan daya tahantubuh.

Tak hanya makanan bergizi, selama menjalani perawatan, pasien terinfeksi Omicron juga harus menghindari beberapaminumandan makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Mengutip dari berbagai sumber, berikut minuman dan makanan yang harus dihindari pasien Omicron.

1. Jeruk

MelansirEatthis.com, jeruk merupakan sumber antioksidan yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tubuh yang kuat, buah bercita rasa asam manis ini mampu mengusir virus flu lebih cepat.

Robert G. Lahita, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health sekaligus penulis Immunity Strong mengatakan, meski dapat membantu menangkal pilek, tetapi jeruk harus dihindari karena dapat memperparah salah satu gejala Omicron, yaitu sakit tenggorokan.

Makanan danminumanyang mengandung jeruk dan sedikit asam dan sangat sulit untuk ditelan. Ini juga akan memperparah gejala sakittenggorokan, kata Robert atau yang akrab disapaBobitu.

Sebaliknya, ia menyarankan untukpasienOmicron agar mengonsumsi makanan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya.

2. Minum alkohol

Minum alkohol merupakan hal utama yang harus dihindari ketika terinfeksi Omicron. Sebab, saat seseorang sakit membutuhkan tambahan asupan nutrisi lebih banyak.

Bob menjelaskan saat seseorang sakit, maka orang itu butuh tambahan asupan nutrisi, termasuk kalori yang berkualitas. Namun minum minuman alkohol bukanlah solusi untuk hal itu.

Minumanalkohol bukanlah solusi untuk hal itu. Ini bukan ide yang bagus karena akan membuat tenggorokan Anda semakin sakit. Alkohol itu akan membakar tenggorokan, kata Bob.

Sebagai solusinya, pasien Omicron harus mengonsumsi minuman sehat, bertekstur lembut, dan padat kalori, salah satunya seperti protein shake atau minuman dari bubuk protein yang dicampur dengan air.

3. Makanan kemasan olahan

MelansirTimesofindia.indiatimes.com, makanan kemasan olahan adalah hal pertama yang harus dihindari penderita Omicron. Sebab, makanan ini mengandung natrium tinggi, penuh bahan pengawet, dan gula tambahan.

Apabila Anda mengonsumi makanan kemasan olahan seperti keripik kentang atau jenis serupa lainnya maka akan menyebabkan peradangan atau inflamasi yang dapat mengganggu proses penyembuhan.

Makanan yang digoreng memiliki kadar lemak tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini dapat meningkatkan beban pada sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang digoreng juga berdampak negatif pada mikrobioma usus dan menekan fungsi kekebalan tubuh. Bahkan, makanan ini juga meningkatkan kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Itulah tujuh kebiasaan minum dan makanan yang harus Anda hindari apabila sedang terinfeksi Omicron. Jika ingin pulih dengan cepat, perhatikan konsumsi makanan dan minuman yang bergizi bagi tubuh.

Original Source

Topik Menarik

{