Loading...
Loading…
Integritas Calon Anggota KPU-Bawaslu Jadi Sorotan DPR saat Lakukan Fit and Proper Test

Integritas Calon Anggota KPU-Bawaslu Jadi Sorotan DPR saat Lakukan Fit and Proper Test

Nasional | indozone.id | Selasa, 15 Februari 2022 - 10:53

Komisi II DPR RI akan kembali melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Beberapa hal akan disoroti Komisi II, salah satunya mengenai integritas para calon.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa mengatakan, aspek integritas calon Anggota KPU dan Bawaslu sangatlah penting. Karena pihaknya tidak ingin kedepan calon yang terpilih kemudian terlibat masalah hukum.

"Tentu sisi kemandirian, ini menyangkut soal integritas. Kita tidak mau nanti ke depan banyak penyelenggara Pemilu yang tersangkut masalah hukum maupun tersangkut masalah etik, ujar Saan kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Berdasarkan pengalaman, kata Saan, yang lalu banyak sekali Anggota KPU dan Bawaslu yang dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Maka dari itu masalah integritas menjadi hal penting.

Karena berdasarkan pengalaman yang lalu banyak sekali mereka yang di-DKPP-kan. Ini kita ingin cegah ini, tentu masalah integritas itu menjadi hal yang penting, bebernya.

Politisi Partai NasDem ini menambahkan aspek lain yang diperhatikan Komisi II adalah efisiensi tahapan yang nantinya berimplikasi terhadap efisiensi anggaran.

Kemudian, beber Saan, mengenai kepatuhan sosok calon Anggota KPU-Bawaslu terhadap Undang-Undang. Mengingat mereka adalah penyelenggara yang harus melaksanakan Undang-Undang.

"Kita juga menyoroti tentang kepatuhan mereka terhadap undang-undang. Karena yang namanya KPU itu adalah penyelenggara, pelaksana dari undang-undang. Kita meminta agar mereka tidak dalam PKPU itu tetapi mematuhi undang-undang itu juga menjadi komitmen kita," tutur Saan.

Berikut calon Anggota KPU dan Bawaslu yang akan menjalani fit and proper test:

Nama calon anggota KPU:
August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asyari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safaat, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Nama calon anggota Bawaslu:
Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik