Suara Lantang Anggota DPR Skakmat Menteri Syahrul Yasin Limpo

Suara Lantang Anggota DPR Skakmat Menteri Syahrul Yasin Limpo

Nasional | genpi.co | Selasa, 15 Februari 2022 - 08:30
share

GenPI.co - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan blak-blakan menyinggung soal masalah kedelai. Dia menagih janji Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo soal pengendalian masalah kedelai.

Johan Rosihan mengungkapkan bahwa Mentan Syahrul pernah berjanji kepada Komisi IV DPR RI untuk menyelesaikan masalah kedelai.

"Saya ingat janji Pak Menteri tahun kemarin, ketika Januari atau Februari Presiden Jokowi ingin menyelesaikan persoalan kedelai," tegas Johan Rosihan saat rapat dengan kementerian pertanian, Senin (14/2).

"Kemudian Pak Menteri dengan lantangnya berjanji di hadapan Komisi IV, menyelesaikan persoalan kedelai dua kali masa tanam," sambungnya.

Namun, kata Johan Rosihan produksi kedelai di dalam negeri dinilai jauh dari harapan.

Tidak hanya itu, harganya pun ikut naik karena kebutuhan nasional dan dampak dari impor.

"Ketika tadi melihat target produksinya, dibuat gagah pake juta, sebanyak 0,2 juta. Ini sama dengan 200 ribu," tegas Johan Rosihan.

Politikus PKS itu pun memaparkan bahwa kebutuhan kedelai nasional itu sebanyak dua sampai tiga juta ton.

"Namun, target produksinya hanya 200 ribu," ungkapnya.

Menurutnya, harga kedelai akan terus mengalami kenaikan seiring negara pengekspor kedelai yakni Brazil dan Amerika Serikat tidak mencapai target produksinya.

"Brazil itu tidak bisa memenuhi target produksinya dari 450 juta, hanya 125 juta terpenuhi. Demikian juga Amerika, tidak bisa memenuhi targetnya," imbuhnya.(*)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik