Bukan Manusia Siluman, tapi Pertunjukan di Kebun Binatang Pakistan

Bukan Manusia Siluman, tapi Pertunjukan di Kebun Binatang Pakistan

Nasional | jawapos | Sabtu, 12 Februari 2022 - 06:00
share

ADA pembaca Jawa Pos yang menanyakan kebenaran video yang memperlihatkan sosok seperti hewan berkepala manusia. Menurut informasi tersebut, itu merupakan fenomena langka.

Fenomena langka manusia siluman. Demikian tulisan di bagian atas video yang diunggah oleh akun Instagram trendukhti beberapa hari lalu (bit.ly/FenomenaManusia).

Video berdurasi 19 detik itu memperlihatkan sosok seperti hewan dengan kepala manusia. Tepatnya perempuan yang mengenakan tudung merah. Sosok yang seperti berada di dalam kandang besi itu juga berinteraksi dengan pengunjung. Bahkan sempat mengedipkan mata. Anehnya, hal itu seperti jadi tontonan. Sebab, terlihat beberapa lembar uang di dalam tempat yang mirip kandang tersebut.

Lantas, apakah sosok itu merupakan manusia langka atau manusia berwujud siluman? Hmmm Ada-ada saja. Saat ditelusuri, situs padanan gambar asal Rusia, Yandex, mengarahkan pada beberapa situs lama. Salah satunya situs zen.yandex.ru yang mengunggah foto tersebut pada April 2020. Nah, dalam situs itu, tak ada satu pun yang menulis bahwa sosok tersebut merupakan manusia langka.

Sosok itu hanyalah bentuk atraksi di Kebun Binatang Karachi, Pakistan. Bersama dengan kandang gajah dan rusa, di paviliun mewah ada makhluk yang tidak akan ditemukan di alam liar. Dijelaskan bahwa Mumtaz Begum, makhluk mitos dengan tubuh rubah dan kepala perempuan, telah menjadi atraksi utama kebun binatang itu selama 40 tahun. Di kandang kebun binatang yang lusuh tersebut, hidup seekor rubah dengan kepala perempuan. Makhluk itu bisa memprediksi masa depan.

Nah, selama ini, sosok tersebut diperankan aktor Murad Ali. Dia mewarisi peran itu dari ayahnya. Setiap hari dia merias wajahnya. Menggambar alis tebal dan mengecat bibirnya dengan warna cerah.

Kemudian, dia merangkak ke dalam kotak di bawah sangkar dan menjulurkan kepalanya: tampaknya terhubung dengan boneka rubah yang tergeletak di lantai di dalam sangkar. Di kepala dan bahu Ali terdapat selendang merah.

Anak-anak dan orang dewasa kerap berkerumun di sekitar kandang untuk meminta apa pun kepada Mumtaz Begum. Mulai dari lulus ujian hingga mendapatkan visa asing. Pengunjung Mumtaz Begum sering meninggalkan persembahan kecil berupa uang, permen, atau minuman sebagai ucapan terima kasih. Anda dapat membacanya di bit.ly/AtraksiKebunBinatang.

FAKTA

Sosok hewan berkepala manusia itu adalah Mumtaz Begum yang diperankan Murad Ali. Itu merupakan salah satu atraksi di kebun binatang Pakistan.

Topik Menarik