Loading...
Loading…
5 Cara Memperkuat Memori Otak

5 Cara Memperkuat Memori Otak

Nasional | republika | Jumat, 11 Februari 2022 - 21:22

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, memori kita juga ikut menurun. Bahkan terkadang, kita sulit untuk mengingat hal-hal sederhana. Itulah mengapa, penting bagi kita untuk menjaga memori dan kesehatan otak secara menyeluruh.

Ada beberapa solusi alami yang bisa membantu mendukung kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat kita. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Mind Body Green , Jumat (11/2/2022).

1. Nutrisi untuk otak

Membuat perubahan pola makan yang strategis dapat mendukung kesejahteraan mental individu dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Ada beberapa perubahan nutrisi misalnya membatasi gula, biji-bijian olahan, dan makanan olahan; tingkatkan protein hewani, lemak sehat, dan antioksidan; dukung metabolisme dengan menentukan apa dan kapan harus makan; dan menjaga keseimbangan kadar gula darah.

2. Suplemen omega-3

Berbicara tentang lemak sehat, asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi kognitif secara keseluruhan dan meningkatkan daya ingat, terutama EPA dan DHA, yang merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan terutama di sumber laut.

Mengonsumsi omega-3 dalam jumlah yang cukup telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan kognitif, dan DHA khususnya (dengan atau tanpa EPA) telah terbukti meningkatkan kerja dan memori episodik, memperkuat perlindungan saraf umum, meningkatkan aliran darah ke otak, dan lainnya.

3. Aktif bergerak

Olahraga adalah obat bagi tubuh dan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dan kardiorespirasi masing-masing meningkatkan materi putih dan abu-abu di otak. Materi abu-abu bertanggung jawab atas sebagian besar pemrosesan yang terjadi di otak, sementara materi putih lebih terlibat dalam komunikasi di dalam otak dan antara otak dan sumsum tulang belakang, semuanya penting untuk fungsi memori.

Jadi, berapa banyak gerakan yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan mental yang optimal? Satu studi cross-sectional yang diterbitkan di Lancet Psychiatry melaporkan, berolahraga 30 hingga 60 menit selama tiga hingga lima kali seminggu bisa mendukung kesehatan mental dan meningkatkan mood.

4. Meditasi

Meditasi telah terbukti memperpanjang telomere (sebuah biomarker untuk umur panjang) dan meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. Lebih khusus lagi, meditasi meningkatkan materi abu-abu di otak dan membantu meningkatkan memori dan pembelajaran.

5. Tidur yang cukup

Tidak mengherankan bahwa tidur sangat penting untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan, tetapi tahukah Anda bahwa tidur memainkan peran spesifik dan vital dalam memori yang sehat? Saat Anda tidur setiap malam, otak mengambil semua informasi dari hari itu dan memangkas bagian-bagian yang tidak perlu sehingga dapat menyimpan dengan baik apa yang penting. Tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam, memastikan ingatan yang tepat tetap tersimpan.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{