Pengganti Google Play Music, YouTube Music Sediakan Layanan Gratis Dengarkan Lagu-Lagu Legal

Pengganti Google Play Music, YouTube Music Sediakan Layanan Gratis Dengarkan Lagu-Lagu Legal

Nasional | republika | Jum'at, 11 Februari 2022 - 07:54
share

YouTube Music diumumkan menjadi layanan streaming musik baru pada 2018. YouTube Music datang untuk menggantikan Google Play Music.

Melalui YouTube Music yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, pengguna dapat mendengarkan lagu resmi alias legal, album, playlist, radio artist, remix, penampilan live, dan menonton video musik.

Layanan gratis YouTube Music menghadirkan iklan di setiap lagu yang tersedia di aplikasi telepon seluler (ponsel) atau melalui pemutar web. Jika tidak suka iklan, pengguna bisa menggunakan YouTube Music Premium yang dapat menghapus iklan, memberi akses tetap mendengarkan musik meskipun keluar dari aplikasi, dan memungkinkan mengunduh lagu untuk pemutaran offline.

YouTube Music sejauh ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna. Ulasannya pun mencapai lebih dari 3 juta ulasan dengan rating 4,3 dari maksimal rating 5,0.

Cara kerja YouTube Music:

Seperti layanan streaming musik lainnya, YouTube memberi banyak perhatian pada fitur penemuannya. Layar beranda baik di aplikasi atau pemutar web akan terus berubah. Ini berfungsi untuk memberikan rekomendasi berdasarkan riwayat pencarian pengguna.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu beranda, jelajahi, dan perpustakaan. Beranda merupakan campuran dari segala rekomendasi musik. Sementara jelajahi memungkinkan pengguna menemukan musik baru dengan mudah seperti rilis baru dan menyelami semua genre. Terakhir, perpustakaan menyajikan daftar putar dan musik impor yang dibawa dari Google Play Music atau di perangkat seluler.

Saat memilih lagu di aplikasi, pengguna akan sering dapat memilih apakah ingin mendengarkan lagu atau menonton video. Pengguna juga dapat beralih di tengah jalan yang merupakan fitur hebat. Selain itu, pengguna juga dapat menyukai atau tidak menyukai musik dan ini akan membantu Google menyetel pilihan musik yang direkomendasikan.

Masuk akun untuk menggunakan YouTube Music:

Jika membuka music.youtube.com, pengguna dapat mendengarkan versi layanan yang didukung iklan tanpa menggunakan akun. Jika masuk ke versi web, pengguna akan mendapatkan akses ke musik apa pun yang telah disimpan ke dalam daftar putar. Ditambah, artist pilihan sendiri di layar utama dan akses ke musik yang ditransfer dari Play Music di browser.

Jika ingin menggunakan salah satu sisi streaming layanan melalui aplikasi ponsel, pengguna harus masuk ke akun Google. Setelah itu, pengguna dapat mengakses layanan gratis tanpa perlu berlangganan. Itu akan memungkinkan pengguna mendengarkan trek dan menonton video dengan dukungan iklan. Jika tidak memiliki langganan, pengguna juga tidak akan dapat memiliki pemutaran di latar belakang.

Cara memainkan YouTube Music di latar belakang tanpa berlangganan:

Dilansir dari Pocket Lint , Rabu, 9 Februari 2022, ada celah kecil yang memungkinkan pengguna memutar YouTube Music versi gratis di perangkat tanpa harus berlangganan.

1. Buka music.youtube.com di browser.

2. Buka pengaturan dan pilih mode desktop.

3. Tekan putar pada musik yang ingin didengarkan.

4. Mematikan layar.

5. Jika musik berhenti, hidupkan ke layar siaga di Android dan cari kontrol media. Nantinya, musik akan diputar. Di iPhone, geser ke pusat kendali dan tekan putar.

6. Kemudian musik harus mulai diputar lagi.

Ponsel Android menangani musik dengan cara yang sedikit berbeda, jadi mungkin tidak berfungsi pada semua model.

Topik Menarik