Satgas Ingatkan Covid-19 Bisa Timbulkan Dampak Jangka Panjang meski Bergejala Ringan

Satgas Ingatkan Covid-19 Bisa Timbulkan Dampak Jangka Panjang meski Bergejala Ringan

Nasional | inewsid | Rabu, 9 Februari 2022 - 09:24
share

JAKARTA, iNews.id - Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan Covid-19 bisa menimbulkan dampak jangka panjang meski pasien hanya bergejal ringan. Oleh sebab itu pemerintah meminta masyarakat tetap menghindari penularan Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan.

Peringatan itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito.

"Ingat gejala ringan pun berpotensi menimbulkan dampak jangka panjang apabila tidak segera ditangani dengan baik dan tuntas," ujar Wiku dalam keterangannya, Rabu (9/2/2022).

Maka dari itu, Wiku meminta kepada seluruh pemerintah daerah terutama Jawa Barat, Banten, Bali dan DKI Jakarta untuk segera menyiapkan fasilitas isolasi terpusat serta segera mengonversi ketersediaan tempat tidur pada rumah sakit rujukan apabila diperlukan.

"Fasilitas isolasi terpusat penting agar pasien tanpa gejala dan gejala ringan sekalipun dapat dipantau kondisinya dan dirawat dengan baik serta segera dipindahkan ke rumah sakit rujukan apabila mengalami perburukan gejala," ucapnya.

Selain itu, kata Wiku, perlu adanya kesiapan bagi rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi pasien rentan seperti lansia dan komorbid jika memerlukan tindakan medis.

"Di sisi lain, rumah sakit rujukan sama pentingnya untuk menyelamatkan mereka yang lansia, komorbid serta pasien bergejala sedang hingga berat yang memerlukan perawatan dan tindakan medis," tuturnya.

Topik Menarik