Herry IP: Meski Pemain Pelapis, Mereka Punya Kualitas

Herry IP: Meski Pemain Pelapis, Mereka Punya Kualitas

Nasional | jawapos | Selasa, 8 Februari 2022 - 20:27
share

JawaPos.com- Skuad Merah Putih kemarin bertolak ke Shah Alam, Malaysia. Mereka akan memulai perjuangan di ajang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022, yang dimulai pekan depan.

Setelah mendarat, Leo Rolly Carnando dkk bakal menjalani karantina terlebih dahulu selama lima hari di Malaysia. BATC 2022 sendiri akan berlangsung pada 1520 Februari mendatang di Setia City Convention Center.

Rombongan terdiri atas 32 orang. Yakni, 10 pemain putra, 10 pemain putri, ditambah pelatih, pelatih fisik, dan tim ofisial. Pelatih ganda putra Aryono Miranat mengakui, persiapan untuk kejuaraan beregu kali ini tergolong cukup pendek. Tetapi, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tampil seadanya.

Persiapan hanya sekitar tiga minggu. Tetapi, kami sudah siap tempur di BATC. Dengan kekuatan pemain muda, kami siap bersaing dengan negara-negara lain dan meraih hasil sesuai yang diharapkan, ujar Aryono dalam keterangan resmin PP PBSI.

PBSI memang sengaja menurunkan pemain muda. Sebab, BATC merupakan kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber 2022. Nah, untuk tim putra, posisi Indonesia sudah aman setelah menjuarai Piala Thomas 2020 lalu.

Perjuangan berat harus dijalani tim putri. Dari skuad yang diberangkatkan, hanya Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani yang berpengalaman di ajang beregu utama.

Menjadi pemain paling senior di tim tersebut, Gregoria menegaskan, dirinya ingin menampilkan yang terbaik. Apalagi, dia turun sebagai tunggal putri pertama. Saya dan teman-teman juga sudah siap bertanding. Persiapan kami juga cukup untuk bersaing di BATC, tandas Gregoria.

Tetapi, Gregoria bisa sedikit lega. Sebab, para pesaing seperti Jepang dan Korea Selatan juga tidak turun dengan kekuatan terbaiknya kali ini. Gregoria tidak ingin terlalu banyak memikirkan soal kekuatan lawan.

Nanti malah jadi beban. Belajar dari Piala Uber lalu. Kami harus tetap kompak dan saling mendukung satu sama lain. Saling mengingatkan untuk selalu fokus sama diri sendiri dulu, ujarnya.

Sementara itu, pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi berharap para pemain muda tersebut bisa tampil lepas dan memberikan yang terbaik. Apalagi, mereka tanpa beban untuk lolos ke semifinal, sebagai syarat tampil putaran final Piala Thomas 2022.

Meski pemain pelapis, mereka punya kualitas yang tidak jauh berbeda dengan para pemain utama. Saya kira mereka bisa memberikan permainan yang menarik. Apalagi, beberapa di antara mereka pernah tampil di ajang beregu besar tahun lalu, ujar Herry IP.

Pemain Indonesia di BATC 2022

Tim Putra
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
3. Christian Adinata
4. Yonathan Ramlie
5. Leo Rolly Carnando
6. Daniel Marthin
7. Pramudya Kusumawardana
8. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
9. Bagas Maulana
10. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Saifi Rizka Nurhidayah
4. Bilqis Prasista
5. Stephanie Widjaja
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amallia Cahaya Pratiwi
9. Lanny Tria Mayasari
10. Jesita Putri Miantoro

Topik Menarik