Loading...
Loading…
Mahfud MD Harap Insan Pers Tak Gampangkan Proses Buat Berita

Mahfud MD Harap Insan Pers Tak Gampangkan Proses Buat Berita

Nasional | genpi.co | Selasa, 08 Februari 2022 - 15:40

GenPI.co - Menko Polhukam Mahfud MD berharap insan pers tak gampangkan proses buat berita. Ada pesan khusus untuk insan media.

Hal itu, kata Mahfud, penting untuk dilakukan agar mampu menjadi pilihan terpercaya publik dalam memberikan informasi.

Semua pesan tadi disampaikan Mahfud pada hari kedua Konvensi Media Nasional yang diselenggarakan sebagai bagian dari Peringatan Hari Pers Nasional 2022, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2).

"Pers tidak seharusnya menerapkan praktik jurnalisme yang menggampangkan proses dan menurunkan kualitas berita," ujar Mahfud.

Mahfud kemudian membeberkan beberapa contoh proses menggampangkan proses dan menurunkan kualitas berita.

Beberapa di antaranya, seperti menulis tanpa konfirmasi, menulis secara sepihak, tidak cover both side dan memberi pemaknaan keliru pada sebuah peristiwa.

"Selain itu memilih narasumber yang tidak kredibel, atau praktik membuat judul-judul berita yang menggoda, namun melencengkan maknanya," kata Mahfud.

Mahfud MD pun memandang harapan tersebut juga berkaitan dengan wujud kedisiplinan pers dalam mempertahankan profesionalisme dan kualitas pemberitaan.

Dengan demikian, kata dia, seluruh insan pers dapat senantiasa bertahan dan berkelanjutan menjadi pilihan publik terpercaya.

Mahfud menambahkan, hal tersebut akan berperan penting dalam melawan dominasi media sosial yang dibanjiri hoaks atau berita bohong. (*)

Simak video menarik berikut:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{