Mahfud MD Buka-Bukaan Soal Terorisme, Ngeri!

Mahfud MD Buka-Bukaan Soal Terorisme, Ngeri!

Nasional | wartaekonomi | Minggu, 6 Februari 2022 - 08:15
share

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membeberkan tiga jenis ekstrimisme,dapat mengarah pada terorismedan intoleransi. Serta berpotensi memecah-belah persatuan bangsa yaitu jihadis, takfiri, dan ekstremisme ideologis.

"Pertama, ekstrimisme Jihadis. Iniadalah yang paling ekstrem, yang meyakini melakukan pembunuhan kepada orang lain yang tidak sepaham. Atau bahkan membunuh orang dan kelompok tertentu, yang dianggap menghalang-halangi terwujudnya paham mereka," papar Mahfud melalui Instagram-nya, Sabtu (5/2).

Ekstremisme ini contohnya adalah ISIS dan beberapa kelompok terorisme di Indonesia. Mereka tidak hanya menyerang kelompok yang dianggap sebagai lawan, tetapi juga pihak yang dipandang menghalangi tujuan mereka.

Kedua, ekstrimisme takfiri. Ini adalah paham yang menganggap paham lain, walaupun satu agama, adalah paham yang sesat, kafir, yang tidak saja harus dijauhi tetapi harus dimusuhi.

Identifikasi kelompok tidak hanya pada level pemikiran, tetapi juga pada simbol-simbol tertentu.

Ketiga, ekstremisme ideologis. Ini adalah ekstremisme yang lunak, namun tetap berbahaya.

"Mereka memiliki paham tertentu, yang dianggap paling benar dan menyalahkan paham yang dianut orang lain, bahkan paham nasional seperti Pancasila pun disebut sesat," jelas Mahfud.

"Mereka berupaya mengubah Pancasila, dengan memengaruhi pemikiran melalui lembaga pendidikan dan diskusi. Serta brosur-brosur penyusupan bahwa Pancasila salah dan harus diganti," pungkasnya.

Topik Menarik