Loading...
Loading…
Menangkap Peluang Bisnis Kaktus Mini dan Sukulen

Menangkap Peluang Bisnis Kaktus Mini dan Sukulen

Nasional | lombokpost | Sabtu, 05 Februari 2022 - 16:24

Tanaman kaktus berbentuk mini lagi diminati dan digandrungi sebagai penghias ruangan. Jenis kaktus mini dan sukulen ini diyakini bisa membuat ruangan terlihat segar dan lebih hidup.

Nurul Hidayati-Giri Menang

Salah satu rumah yang ada di Perumahan Vila Sandik ramai dengan beragam warna dan jenis. Mulai dari tanaman gantung, pohon, dan bunga-bunga. Begitu melewati gerbang rumah, maka mata akan disuguhkan dengan beragam jenis kaktus mini dan sukulen. Mulai dari berbentuk micky kuning, opuntia lokal, micropodium, ownroot gymno, hoya love, golden barrel, haworthia zebra, dan lainnya.

Sudah memulai usaha ini sejak tahun 2019, kata Nita Anggraini yang ditemui di rumahnya di Sandik, Batulayar.

Rumah yang dimiliki Nita, memang dikhususkan halaman depan dan teras untuk berbagai tanaman yang dikembangkan dan dijual. Dikarenakan, menjual kaktus mini dan sukulen tidak memakan banyak ruang. Sedangkan untuk pajangan, hanya butuh ruangan terasnya sambil melihat keindahan berbagai bunga mini tersebut. Kalau harga sendiri, jangan khawatir.

Untuk harga karena ini tanaman mini, mulai dari Rp 15 ribu hingga ratusan ribu untuk tanaman lainnya. Kalau kaktus mini mulai dari Rp 20 ribuan sedangkan sukulen mulai dari Rp 15 ribuan, terangnya.

Menurutnya, dari banyaknya kaktus dan sukulen ada beberapa yang paling banyak dicari walaupun harganya lumayan tinggi. Namun harga disini masih cukup terjangkaulah di kantong.

Yang datang langsung habis biasanya haworthia zebra, hoya love, dan golden barrel, jelasnya.

Banyaknya peminat tanaman kaktus mini dan sukulen ini karena mudah perawatan. Tidak seperti tanaman pada umumnya yang membutuhkan perawatan khusus. Sebab, pohon kaktus ini menyimpan air, sehingga untuk penyiraman pun hanya butuh seminggu dua kali.

Bisa diletakkan di dalam ruangan, tapi harus tetap sekali waktu dikeluarkan untuk terkena sinar matahari, imbuhnya.

Mudahnya perawatan inilah yang menjadikan pecinta tanaman tersebut juga semakin banyak. Sebab banyak orang yang senang tanaman, namun waktu mengurus tidak ada karena sibuk kerja dan sebagainya. Jadi kaktus ini dan sukulen bisa jadi pilihan.

Dalam sebulan bisa ratusan terjual. Sebab sekali orang beli bisa tiga hingga lima tanaman berbeda yang langsung dibeli, tuturnya.

Yang datang membeli pun tidak hanya dari Lobar, tapi ada juga Mataram dan Kabupaten lainnya. Dengan banyaknya pelanggan ini pun membuat dirinya juga kini mengembangkan peranakan kaktus mini dan sukulen ini. Pengembangan peranakannya ini juga cukup menjanjikan karena harganya sangat terjangkau.

Cara tanamnya juga gampang, bahkan ada yang terbawa angin pun bunganya bisa tumbuh di sekitarnya, jelasnya.

Pohon kaktus mini dan sukulen banyak diincar untuk dekorasi dalam rumah. Peletakan di beberapa sudut ruangan juga bisa menjadi pilihan tanaman ini. Apalagi dengan tanaman ini juga masuk dalam kategori tanaman yang bisa menyegarkan ruangan. (*/r3)

Original Source

Topik Menarik