Loading...
Loading…
Survei Terbaru PWS: Ada 10 Menteri dan Setingkat Menteri Yang Kinerjanya...

Survei Terbaru PWS: Ada 10 Menteri dan Setingkat Menteri Yang Kinerjanya...

Nasional | wartaekonomi | Sabtu, 05 Februari 2022 - 09:29

Hasil survei lembaga riset Political Weather Station (PWS) menyebutkan ada 10 menteri atau pejabat setingkat menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jilid II yang dinilai publik memiliki kinerja yang baik.

"Mereka diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko," ujar peneliti senior PWS Mohammad Tidzi dalam dalam zoom meeting pada Jumat (4/2/2022).

Adapun sepuluh menteri dan pejabat menteri dengan kinerja cukup baik tersebut merupakan kesimpulan dari hasil survei nasional PWS yang dilakukan pada 13 hingga 23 Januari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Tidzi menjelaskan, ketika kepada responden ditanyakan terkait kinerja paling baik dari sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II, sebanyak 15,1% responden menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Lalu sebanyak 14,5% menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, 13,5% menyebut nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kemudian 11,1% menyebut nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Setelah itu, nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sosial Tri Rismaharini masing-masing dipilih oleh 7,8% responden," ucapnya.

Selanjutnya muncul nama Panglima TNI Andika Perkasa yang dinilai oleh 5,6% responden sebagai pejabat setingkat menteri yang berkinerja paling baik, disusul nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono masing-masing oleh 4,5% responden.

"Nama pejabat negara setingkat menteri yang juga dipersepsikan publik berkinerja baik adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko. Sebanyak 4,3% responden menyatakan bahwa KSP Moeldoko adalah pejabat setingkat menteri yang berkinerja paling baik," jelas Tidzi.

"Setelah itu ada nama-nama seperti Mendagri Tito Karnavian, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menpora Zainudin Amali, meskipun tidak terlalu signifikan persentasenya," lanjutnya.

Selain kinerja para menteri, PWS juga meneliti mengenai tingkat kepuasaan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. "Hasilnya, mayoritas publik (67,8%) mengaku puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf, hanya 23,5% yang mengaku kurang atau tidak puas dan 8,7% menjawab tidak tahu," pungkasnya.

Diketahui, jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1.421 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplik-an secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan aplikasi google form.

Peringkat Kinerja Menteri - Setingkat Menteri Terbaik Menurut Persepsi Publik:

Prabowo Subianto 15,1%

Sandiaga Uno 14,5%

Sri Mulyani Indrawati 13,5%

Nadiem Makarim 11,1%

Erick Thohir 7,8%

Tri Risma Harini 7,8%

Andika Perkasi 5,6%

Retno L. Marsudi 4,5%

Basuki Hadimulyono 4,5%

Moeldoko 4,3%

Tito Karnavian 2,5%

Mahfud MD 2,1%

Airlangga Hartarto 1,5%

Zainudin Amali 1,4%

Menteri-menteri lainnya 3,8%

Original Source

Topik Menarik