Lakukan Hal Ini Agar Kamu Terhindar dari Kantuk di Pagi Hari, Salah Satunya Mandi Air Dingin

Lakukan Hal Ini Agar Kamu Terhindar dari Kantuk di Pagi Hari, Salah Satunya Mandi Air Dingin

Nasional | bukamatanews | Sabtu, 5 Februari 2022 - 06:20
share

BUKAMATA Anda mungkin pernah merasakan kantuk di pagi hari, padalah Anda sudah merasa cukup tidur. Banyak orang percaya cara menghilangkan kantuk di pagi hari adalah dengan minum secangkir kopi.

Padahal tahukah Anda terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gelisah, cemas, dan buang air kecil berlebihan. Salah satu masalah yang membuat kantuk di pagi hari adalah kualitas tidur yang tidak baik. Semakin buruk kualitas tidur membuat Anda semakin sulit untuk bangun di pagi hari.

Namun, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang baik?

Ada banyak cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang bisa Anda lakukan selain minum kopi.

Seperti dikutip Bukamata dari laman Healthline.com, berikut ini cara yang dianggap ampuh dan baik untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari agar Anda tetap sehat.

1. Coba 90 menit sleep cycle

Salah satu cara menghilangkan rasa kantuk yang dianggap sehat adalah penerapan siklus tidur 90 menit dengan menyetel dua alarm. Satu alarm untuk 90 menit sebelum Anda benar-benar ingin bangun. Pasang alarm satu lagi di waktu sudah siap untuk bangun.

Teori tidur 90 menit di antara penundaan akan menjadi siklus tidur yang sangat baik dan memungkinkan Anda untuk bangun setelah REM (rapid eye movement).

2. Minum segelas air saat bangun tidur

Kelelahan merupakan gejala klasik dehidrasi, bahkan kasus ringan pun dapat memicu perasaan kantuk, perubahan kemampuan kognitif, dan gangguan mood. Biarkan segelas air menyegarkan seluruh tubuh Anda sebelum memulai kegiatan.

Jika Anda merasa masih tidak bisa menghilangkan kelesuan di pagi hari, cobalah menambah asupan air dan minuman non kafein lainnya sepanjang hari.

3. Lakukan peregangan saat bangun pagi

Gerakan-gerakan peregangan yang dilakukan setelah bangun pagi dapat mengaktifkan kembali otot-otot yang kaku saat tidur di malam hari.

Peregangan di pagi hari dapat melepaskan endorfin yang merangsang energi.

4. Mandi air dingin

Metode ini dapat membantu perubahan suhu pada tubuh, sehingga akan terasa lebih segar sepanjang hari.

Jika Anda memiliki alergi terhadap air dingin, coba dimulai dengan mencuci muka. Cara ini dapat membuat mata lebih terbuka di pagi hari dan perlahan membantu energi lebih terisi.

5. Jangan lupa sarapan

Sarapan dapat mengatasi kelelahan dan dapat membuat Anda bersemangat sepanjang hari.

Pilih jenis makanan yang sehat untuk memulai kegiatan di pagi hari seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah rendah gula.

Memberikan asupan kalori untuk tubuh merupakan salah satu cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

6. Hindari gula hingga makan siang

Makanan manis seperti minuman kopi manis, kue kering, dan sereal sarapan dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis sehingga Anda akan lebih mudah lelah.

Perhatikan label nutrisi untuk mengetahui berapa banyak gula yang terkandung dalam sarapan yang Anda konsumsi.

7. Kurangi kopi

Cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari adalah dengan mengurangi asupan kopi.

Kopi memang memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan rasa lelah di kemudian hari.

8. Dapatkan sinar matahari di pagi hari

Tahukah Anda bahwa sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang dipercaya mampu memperbaiki kualitas tidur Anda.

Saat kualitas tidur membaik, maka saat bangun tidur akan terasa lebih segar dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

Usahakan Anda untuk berjemur selama lima sampai lima belas menit setiap harinya.

9. Berhenti merokok

Biasanya perokok memiliki kualitas tidur yang buruk karena nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu siklus tidur dan bangun.

Siklus yang terganggu inilah yang membuat kita mudah mengantuk di pagi hari.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Semoga bermanfaat sobat Bukamata !

Topik Menarik