Pakar ULM Sebut Lonjakan Covid-19 Harus Dibarengi Kesiapan Penanganan

Pakar ULM Sebut Lonjakan Covid-19 Harus Dibarengi Kesiapan Penanganan

Nasional | jawapos | Jum'at, 4 Februari 2022 - 16:29
share

JawaPos.com Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Meitria Syahadatina Noor mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) harus dibarengi kesiapan penanganan.

Jangan sampai fasilitas pelayanan kesehatan tidak siap jika gelombang ketiga benar-benar terjadi. Termasuk tempat karantina khusus diaktifkan kembali beserta petugas dan sarana prasarananya, kata Meitria Syahadatina Noor seperti dilansir dari Antara di Banjarbaru, Jumat (4/2).

Menurut dia, peningkatan kasus saat ini cukup mengkhawatirkan. Jumlah penularan sebelumnya sudah sangat melandai bahkan sempat berada di angka satu pasien terkonfirmasi positif pada 17 Januari. Per 3 Februari tercatat 493 pasien dalam perawatan dengan penambahan kasus harian 151 orang.

Kota Banjarmasin paling buruk angka penularannya yaitu ada 104 orang kasus harian kemarin dan kini total 329 pasien terkonfirmasi positif dalam perawatan, beber Meitria Syahadatina Noor, dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Pendidikan Dokter ULM itu.

Untuk itu, Meitria mengingatkan semua daerah di Kalimantan Selatan bersiap menghadapi ancaman lonjakan Covid-19 yang tak terkendali seperti waktu serangan varian Delta pada Juli lalu yang disebut gelombang kedua secara nasional. Dia berharap pengalaman menghadapi pandemi yang sudah berjalan dua tahun bisa berguna bagi pemangku kepentingan agar pasien yang terkonfirmasi positif dapat tertolong guna menekan angka kematian.

Memang betul varian Omicron yang kini sudah menyebar di Indonesia tidak seganas varian Delta, namun masyarakat juga tidak boleh menganggap enteng karena bisa saja mengancam jiwa lansia dan penderita komorbidjika tertular, papar Meitria Syahadatina Noor.

Ditegaskan Meitria, walaupun masyarakat telah mendapatkan vaksin, tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Karena vaksinasi dan protokol kesehatan adalah upaya pencegahan Covid-19 yang harus dilakukan bersama-sama.

Mari kita jaga diri kita dan orang-orang yang kita sayangi dari penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan menyukseskan program vaksinasi, ucap Meitria Syahadatina Noor.

Topik Menarik