Atletis meski usia setengah abad, ini 5 cara Ade Rai bakar lemak tubuh

Atletis meski usia setengah abad, ini 5 cara Ade Rai bakar lemak tubuh

Nasional | brilio.net | Jum'at, 4 Februari 2022 - 02:25
share

Brilio.net - Mantan binaragawan, Ade Rai, dikenal memiliki tubuh yang atletis, meski sudah tidak aktif sebagai atlet. Di usianya yang sudah menginjak 51 tahun, bentuk badan Ade Rai tidak banyak berubah dari 20 tahun terakhir.

Dalam suatu kesempatan, Ade menjelaskan, pola hidup yang sehat mempengaruhi bentuk tubuhnya. Selain itu, membakar lemak juga sangat penting agar bentuk tubuhnya tetap ideal.

Nah, berikut ini tips dari Ade Rai untuk membakar lemak yang bisa kamu tiru, dikutip dari kanal YouTube Dunia Ade Rai, Kamis (3/2).

foto: YouTube Dunia Ade Rai

1. Puasa

Ade menjelaskan, puasa merupakan basic introduction untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. "Strategi awalnya gampang yaitu apabila terakhir makan jam 9 malam, maka baru boleh makan lagi jam 9 pagi," ucap Ade.

Metode lain yang disarankan adalah menggunakan time restricted eating atau membatasi waktu makan. Maksudnya, meninggalkan sarapan, namun makan siang, sore, dan malam tetap dilakukan.

"Di sini yang kita skip cuma makan pagi aja, kita langsung masuk ke makan siang, makan sore, makan malam silakan," kata Ade.

2. Kurangi gula

Menurut Ade, jika jarang latihan angkat beban maka kecenderungannya kelebihan gula. Ade mengingatkan, banyak minuman atau makanan kemasan yang tinggi kadar gulanya, seperti softdrinks.

"Makanan yang dikemas dari kaleng, kardus itu kencederungannya, selain bahan pengawet, ada lagi adalah high fructose corn syrup. Karena itu makanan kemasan bukan makanan yang baik."

3. Kurangi lemak olahan

Jenis minyak olahan yang perlu dikurangi, misalnya margarin dan minyak goreng. "Kandungan toxicity-nya tinggi. Bukan ide baik, jadi secara kualitas sumber, minyak goreng dan margarin sudah tidak baik," ujarnya.

Apabila ingin mengganti, dapat memakai lemak alami, seperti butter, alpukat, kuning telur, dan minyak zaitun.

4. Cukupi tinggi protein

Kebutuhan protein harus cukup dan tinggi. "Umur kita semakin meningkat, kebutuhan protein kita semakin tinggi. Setiap kali makan minimal ada sekitar 30 gram protein," ucap Ade.

5. Cukupi karbo berserat

Dalam mengonsumsi karbo, disarankan memilih karbohidrat yang kalorinya paling rendah. "Kebanyakan berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan," terang dia.

Reporter: Khaamiim Yazid

Topik Menarik