Jusuf Kalla : Letak Masalah Bangsa ini Adalah Ketidakadilan di Masyarakat

Jusuf Kalla : Letak Masalah Bangsa ini Adalah Ketidakadilan di Masyarakat

Nasional | riau24.com | Kamis, 3 Februari 2022 - 11:00
share

RIAU24.COM- Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyoroti perbedaan pendapat di masyarakat yang berujung timbulnya gesekan hingga konflik

Terlebih, perbedaan pendapat malah dimaknai sebagai sikap radikal. Menurut Jusuf Kalla, radikal bisa dimaknai secara luas. Mulai radikal terhadap agama hingga radikal politik.

Namun, ia menyebut bahwa radikal dapat timbul karena tidak adanya keadilan di masyarakat. Hal itu, kata Jusuf Kalla, bisa dilihat dari perjalanan bangsa Indonesia sejak merdeka pada 1945.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla dalam public talkshow yang bertajuk "Merawat Kebinekaan, Menjaga Keutuhan NKRI" yang disiarkan di kanal YouTube PKS Tv.

"Radikal itu tumbuh kalau, sepertinya yang saya katakan dari konflik 15 pemberontakan besar di Indonesia selama 75 tahun itu, 10 karena ketidakadilan, mulai PPRI/Permesta, DI/TII, masalah Aceh. Orang Aceh pikir itu masalahnya agama, tidak, itu masalahnya adalah ketidakadilan ekonomi," ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla pun mengatakan, jika ingin hidup toleran maka yang perlu dilakukan adalah sikap adil kepada masyarakat.

"Keadilan, adil, dua kali disebutkan Pancasila. Sila kedua kemanusian yang adil dan beradab, sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Jusuf Kalla,

"Jadi, kata adil itu punya makna yang besar sekali bagi kehidupan kita," tambahnya.

Maka itu, Jusuf Kalla terus mendorong para pemimpin masyarakat untuk berlaku adil agar menimbulkan kerukunan antarbangsa.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengenai jusuf Kalla menyoroti apa yg menjadi kendala di indonesia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @hariankopas (31/1/2022).

Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih seribu tanda suka.

Topik Menarik