Mengerikan, 5 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Mengerikan, 5 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Nasional | riau24.com | Kamis, 3 Februari 2022 - 09:21
share

RIAU24.COM-Ada kalanya bumi dikuasai reptil-reptil raksasa, bukan oleh manusia. Tak hanya di darat, tetapi juga di laut, dan dikatakan ukurannya bisa melampaui mereka yang ada di darat mengingat laut lebih luas ketimbang daratan.

Bukan hal yang mengagetkan bila manusia hanya bisa dibandingkan dengan sejengkal jari mereka. Berikut ini adalah daftar dinosaurus yang pernah menguasai lautan

1. Dakosaurus

Godzilla nyata di bumi. Sebagai reptil yang mendekati dinosaurus, dakosaurus lebih menyerupai buaya. Hanya saja ukurannya sangat besar, yaitu mencapai lima meter dan punya bentuk tubuh yang lebih adaptif untuk lingkungan laut. Gigitannya dipercaya sangat kuat mengingat dakosaurus sendiri berarti kadal perobek.

zxc1

2. Basilosaurus

Dikenal juga sebagai zeuglodon, tingginya mampu mencapai 21 meter dengan panjang 1,5 meter. Scientific American menuliskan lewat hasil penemuan fosilnya bahwa basilosaurus berburu ikan besar dan bahkan paus kuno. tak terkecuali hiu. Tidak semata-mata digigit saja, hasil buruannya pun dapat dilemparkan demi tujuan dilemahkan.

3. Tylosaurus

Tylosaurus menggunakan mocongnya untuk mendeteksi mangsa. Sekalinya tertangkap, hewan kuno ini akan langsung menelan tanpa mengunyahnya. Dalam mulutnya, terdapat dua gigi ekstra di bagian atap mulut yang punya fungsi agar sang mangsa tidak melarikan diri.

4. Pilosaurus funkei

zxc2

Sebelum diberikan nama, hewan kuno ini dipanggil dengan nama Predator X. Alasannya para peneliti percaya gigitan makhluk ini empat kali lebih kuat ketimbang Tyranasaurus, namun tidak ada seorang pun tahu hewan apakah ini. Ukurannya yang lebih besar ketimbang pilosaurus biasa membuat arkeolog mempertanyakan kembali identitas fosil tersebut sampai berakhir memberinya nama Pilosaurus funkei.

5. Liopleurodon

Fosil liopreurodon pertama kali ditemukan di Prancis pada 1873. Dipercaya reptil laut kuno ini menjadi predator p. Puncak pada masa Jurassic akhir di Eropa. Walaupun demikian, peneliti percaya hewan ini tidaklah terlalu cepat. Perkiraan kecepatannya masih kalah dengan Hiu Putih zaman sekarang, namun itu diimbangi dengan kemampuan penciuman yang super hebat.

Topik Menarik