Pemkab Bandung Catat Enam Anak Jadi Korban Asusila Guru Musik

Pemkab Bandung Catat Enam Anak Jadi Korban Asusila Guru Musik

Nasional | jawapos | Rabu, 2 Februari 2022 - 18:49
share

JawaPos.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mencatat, ada enam anak yang menjadi korban tindak asusila oknum guru les musik berinisial AR, 58, di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku prihatin atas aksi tidak terpuji itu. Terlebih lagi enam korban asusila itu merupakan anak dengan rentang usia lima hingga tujuh tahun.

Pemkab Bandung juga telah memberikan pendampingan kepada para korban, baik advokasi, konsultasi dan trauma healing dengan melibatkan psikolog, kata Dadang seperti dilansir dari Antara di Bandung, Rabu (2/2).

Tindakan pencabulan terhadap diduga dilakukan AR dengan modus les alat musik. Dia memastikan pelaku asusila itu kini sudah ditangani pihak kepolisian.

Saat ini tersangka sudah diamankan pihak berwajib, terang Dadang.

Guna mencegah peristiwa serupa, Dadang mengimbau para orangtua untuk ikut andil mengawasi para anak-anaknya. Orang tua wajib memberikan wawasan untuk mencegah adanya tindak asusila.

Biasanya, kekerasan seksual pada anak dilakukan orang-orang terdekat. Oleh karena itu, orang tua seharusnya lebih ketat mengawasi anaknya, ujar Dadang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bandung Muhammad Hairun memastikan, pihaknya telah melakukan pendampingan terhadap para korban. Berdasar hasil asesmen, para korban dan keluarga dinilai masih dalam keadaan trauma.

Dia menambahkan, akan melakukan sesi konseling terhadap korban. Kami pun sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa, RT dan RW setempat untuk dukungan penguatan keluarga, khususnya para korban, ucap Hairun.

Topik Menarik