Tolak NFT, Kanye West: Saya Membangun Produk Nyata di Dunia Nyata

Tolak NFT, Kanye West: Saya Membangun Produk Nyata di Dunia Nyata

Nasional | jawapos | Rabu, 2 Februari 2022 - 11:11
share

JawaPos.com Musisi Kanye West dengan tegas menolak terlibat dalam tren NFT yang kini melanda dunia. Dia bersuara lantang tidak mau mengikuti seniman lain yang merilis non-fungible token (atau NFT) sebagai bagian dari karya mereka.

Kanye West mengungkapkan sikapnya tersebut melalui kiriman di Instagram. Dia tak mau membuat karya digital dalam bentuk NFT dengan alasan mau fokus pada karya di kehidupan nyata.

Fokus saya adalah membangun produk nyata di dunia nyata. Makanan yang nyata, pakaian yang nyata dan tempat berlindung yang nyata, tulis Kanye West di Instagram.

Dia pun menyampaikan pesan lugas untuk para penggemarnya supaya tidak mendorong-dorong dirinya mengikuti jejak seniman lain membuat NFT. Jangan minta saya membuat NFT, lanjutnya.

Ketegasan sikap Kanye West ini otomatis menutup kemungkinan kolektor kripto yang sempat berharap Donda 2, album terbaru sang rapper bisa dibuat dalam bentuk NFT. Penyanyi 44 tahun itu nyatanya tidak tertarik dan lebih fokus pada karya real di dunia nyata.

Diketahui, album Donda 2 siap dirilis oleh Kanye West pada 22 Februari mendatang. Album sekuel ini cukup menarik sebab ia bekerja sama dengan Marilyn Manson. Kanye West menggaetnya untuk memberikan warna baru pada album barunnya tersebut.

Dia tidak ingin Marilyn ngerap. Dia ingin Marilyn memainkan musik yang dia buat, dan kemudian Kanye West mengambil bagian dari itu dan menggunakannya. Seperti yang dia lakukan (saat membuat) Yeezus, kata Digital Nas, produser album Donda, kepada Rolling Stone.

Di album ini, Kanye West memiliki ambisi. Dia membayangkan lagu lagu-lagu di dalamnya dapat dimainkan di acara-acara penting seperti di acara kelahiran sampai upacaya pemakaman.

Topik Menarik