Pemkot Surabaya Butuh Rp 25 M untuk Kembangkan Jembatan Suroboyo

Pemkot Surabaya Butuh Rp 25 M untuk Kembangkan Jembatan Suroboyo

Nasional | jawapos | Selasa, 1 Februari 2022 - 18:53
share

JawaPos.com Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana untuk melakukan pengembangan kawasan wisata pantai di Kota Pahlawan. Salah satunya adalah mengintegrasikan kawasan wisata Jembatan Suroboyo dengan Tempat Hiburan Pantai (THP) Pantai Kenjeran.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadiakan melakukan investasi dengan menyambungkan Jembatan Surabaya dengan Pantai Kenjeran, yakni dengan membuat overdeck di Pantai Kenjeran. Rencananya para pengunjung bisa berjalan dari bibir pantai hingga tengah laut saat air laut surut.

Pengunjung bisa jalan melalui overdeck , tapi ketika air pasang bisa masuk lewat overdeck , dan di tengah-tengah overdeck sampai ke tengah lautnya akan dibuatkan perosotan. Jadi pengunjung bisa perosotan di tengah laut, ungkap Eri pada Selasa (1/2).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu tak memungkiri bahwa APBD yang dimiliki Kota Surabaya tidak mencukupi untuk melakukan pengembagan kawasan tersebut. Dia akan menggandeng para investor untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut.

Kalau nanti pemkot mengembangkan di Kenjeran lama, secara otomatis bisa saya konektivitas dengan Kenpark. Ini baru namanya kolaborasi antara swasta dengan pemerintah yang sama-sama menguntungkan, kata Eri.

Terkait dengan rencana tersebut, Eri menargetkan semua konsep itu akan dilaksanakan pada 2022. Bahkan, dia telah memiliki skema dan akan dilanjutkan dengan mengundang para investor, serta semua stakeholder di Kota Surabaya.

Insya Allah tahun ini dan (perosotan tengah laut) iya. Saya harus memanfaatkan lahan yang ada dan memanggil investor untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kota Surabaya, terutama saat Covid-19 seperti saat ini, ucap Eri.

Wali Kota Eri menambahkan, mengenai anggaran yang diperlukan, pihaknya masih menghitung besaran anggaran. Namun, pada rencana tahap pembangunan perosotan dan lainnya bisa mencapai Rp 25 M.

Belum overdeck bentuknya seperti apa, lalu penahan ombak untuk standar perahu-perahu, Insya Allah tahun ini akan saya lelangkan, siapa yang mau investor, dengan syarat di depan, seperti masyarakat Surabaya harus 60 persen (bekerja di sana), papar Eri.

Topik Menarik