HPN 2022 Bawa Berkah Bagi Para Penenun Tradisional di Kota Baubau

HPN 2022 Bawa Berkah Bagi Para Penenun Tradisional di Kota Baubau

Nasional | indozone.id | Selasa, 1 Februari 2022 - 14:35
share

Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), membawa berkah dan rezeki bagi penenun tradisional kain khas Butondi Kota Baubau. Orderan kain tenunan mereka membudak bahkan mencapai 200 lembar dengan harga jual persatuan Rp300 ribu.

"Alhamdulillah dengan begitu mereka (Penenun) bisa mendapatkan hasil dari tenunan itu dan bisa meningkatkan perekonomian mereka," ucap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, dalam keterangannya yang diterima Indozone ,Senin (31/1/2022)

Nursanti Monianse mengatakan, Pemerintah Provinsi Sultra sebelumnya telah meminta pihaknya untuk menyiapkan 200 lembar kain tenun. Kain-kain tenun dari karya tangan penenun asal Baubau itu bakal digunakan tamu-tamu luar daerah maupun duta-duta besar saat penyelenggaraan HPN.

"Kain-kain tenun itu kami sudah kirim," ujarnya.

Di luar dari pada itu, Pemerintah Kota Baubau sendiri menyiapkan kain-kain tenun serta produk produk UMKM Baubau untuk ditampilkan saat pameran HPN 2022. Kain tenun itu berupa tenunan dari pewarna alam maupun tenunan dari benang seperti biasanya.

Begitu pula produk produk UMKM seperti tudung saji, katapai Sula\'a, keripik yang berasal dari hasil pertanian di Baubau yang sudah diolah. Kemudian produk kerajinan tangan berbahan dasar kerang mutiara dan kuningan serta aksesoris pakaian adat Buton yang biasa disebut jao jaonga.

"Tergantung OPD masing-masing, karena memang target kita adalah memperkenalkan dan mensosialisasikan bahwa kota Baubau memiliki aneka macam produk UMKM. Bahkan kita juga sudah punya tenunan pewarna alam dengan desain motif yang sudah mengalami pengembangan dan tentunya produk itu bisa bersaing dengan daerah-daerah lain," tandas Nursanti.

Pemerintah Kota Baubau juga berencana menampilkan tarian bertemakan lingkungan pada HPN nanti.

"Tarian kita itu menyesuaikan tema Hari Pers Nasional tahun 2022, yaitu lingkungan," tutup Nursanti Monianse.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik