Loading...
Loading…
Serap Aspirasi Warga Blitar Timur, Anggota DPRD Jatim Guntur Wahono Kawal Pemindahan Terminal Kesamben

Serap Aspirasi Warga Blitar Timur, Anggota DPRD Jatim Guntur Wahono Kawal Pemindahan Terminal Kesamben

Nasional | jatimtimes.com | Selasa, 01 Februari 2022 - 08:53

JATIMTIMES - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Fraksi PDIP dari Komisi D Guntur Wahono memulai masa reses tahap pertama di 2021. Reses yang merupakan agenda di luar masa sidang ini, dimanfaatkan oleh Guntur untuk menyerap aspirasi dari masyarakat di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Selasa (31/1/2022) malam. Kecamatan Kesamben adalah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Blitar bagian timur dengan perekonomian yang cukup bagus.

Reses digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Hadir dalam agenda ini Kepala Dishub Kabupaten Blitar Budi Kusumarjaka, Anggota DPRD Kabupaten Blitar Budi Susila Jaya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Blitar Adi Andaka, Kasi Angkutan Jalan Dishub Provinsi Jawa Timur, Kepala UPT P3 LLAJ Tulungagung Saikudin, ADM Perhutani Blitar Teguh Jatim Waluyo.

Adapun peserta dari reses ini terdiri dari tokoh masyarakat, Kepala Desa Kesamben, Kepala Desa Siraman, Kepala Desa Jugo, Kepala Sekolah se-Kecamatan Kesamben dan Tokoh Olahraga.

Dalam reses kali ini, masyarakat di Kecamatan Kesamben yang diwakili tokoh masyarakat, kepala desa, kepala sekolah dan tokoh olahraga menyampaikan sejumlah aspirasi kepada Guntur Wahono yang merupakan wakil mereka di DPRD Jatim. Aspirasi yang cukup mencolok adalah rencana pemindahan Terminal Kesamben.

Rencananya Terminal Kesamben yang saat ini berada di Pasar Kesamben akan dipindah ke lapangan Kesamben. Pemindahan ini menjadi perhatian warga di Kecamatan Kesamben. Warga tidak setuju jika terminal dipindahkan ke lapangan, warga mengusulkan agar terminal dipindahkan ke lahan Perhutani Brongkos.

Menanggapi usulan warga tersebut, Guntur berjanji akan mengadakan rapat dengar pendapat dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena kewenangan terminal merupakan wewenang Pemprov Jatim.

Kami akan kawal aspirasi ini karena kami berpandangan pemindahan Terminal Kesamben harus memiliki efek ekonomi untuk warga di Kecamatan Kesamben dan sekitarnya. Kecamatan Kesamben ini adalah kecamatan yang fasilitasnya cukup lengkap. Dan Kecamatan Kesamben adalah kecamatan yang pertumbuhan ekonominya terbaik kedua di Kabupaten Blitar, kata Guntur.

Selain Guntur, seluruh stakeholder termasuk Perhutani yang hadir dalam reses kali ini sepakat untuk mengawal pembebasan lahan di lahan Perhutani Brongkos yang rencananya akan digunakan untuk pemindahan Terminal Kesamben. Kesepakatan ini disambut gembira oleh masyarakat yang hadir dalam reses kali ini. Kesepakatan ini menjadi kabar gembira bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Kesamben dan daerah sekitarnya.

Kami selaku Anggota DPRD akan terus berjuang untuk kepentingan rakyat. Kami bekerja untuk rakyat dan akan selalu bersama-sama rakyat. Kebutuhan infrastruktur seperti pemindahan Terminal Kesamben ini kita kawal sampai terealisasi, tegas Guntur.

Sementara itu, Kepala UPT P3 LLAJ Tulungagung Saikudin dalam kesempatan ini menyampaikan, Terminal Kesamben adalah terminal type B yang dalam pembangunanya membutuhkan lahan seluas 1 hektare (ha). Pemindahakan Terminal Kesamben diharapkan akan mendorong perekonomian di Kecamatan Kesamben dan daerah sekitarnya semakin menggeliat.

Keberadaan terminal ini sudah tentu akan menjadikan Kesamben sebagai sentral perekonomian di Kabupaten Blitar wilayah timur dengan fasilitas lengkap, pungkas Saikudin.

Original Source

Topik Menarik