Ini Daftar 7 Makanan Khas Imlek Pengundang Keberuntungan, Nomor 1 Ikan Kukus

Ini Daftar 7 Makanan Khas Imlek Pengundang Keberuntungan, Nomor 1 Ikan Kukus

Nasional | rm.id | Selasa, 1 Februari 2022 - 08:50
share

Dunia menyambut kemeriahan Hari Raya Imlek hari ini, Selasa (1/2), di tengah berbagai pembatasan Covid-19 dan upaya untuk mencegah penyebarannya, terutama varian Omicron.

Selayaknya Hari Raya, Imlek memiliki makanan khas. Ada hidangan tertentu yang memiliki makna simbolis keberuntungan, dan disajikan dalam musim festival 16 hari, terutama pada acara makan malam Tahun Baru Imlek.

Simbolisme keberuntungan pada jenis makanan ini tak hanya didasarkan pada nama atau penampilannya, tetapi juga persiapan, cara penyajian, dan cara menyantapnya.

Berikut daftar 7 makanan Imlek, yang dipercaya bisa mengundang keberuntungan, seperti dilansir China Highlights:

1. Ikan

Ikan adalah hidangan khas Tahun Baru China, yang selalu ada dalam menu santap malam. Paling banyak disajikan dengan cara dikukus.

Hidangan ikan China yang paling terkenal antara lain weever kukus, ikan West Lake dengan acar kubis dan cabai, ikan kukus dengan saus cuka, dan ikan rebus dengan kaldu pedas.

Dalam bahasa China, dari sisi homofon, pengucapan kata ikan (Y /yoo/) terdengar seperti kata surplus. Masyarakat China dikenal senang mendapat surplus di akhir tahun. Mereka berpikir, jika bisa menabung pada akhir tahun maka tahun depan bisa surplus.

Jenis ikan yang dipilih untuk menjadi hidangan santap malam Tahun Baru Imlek pun beragam. Tergantung sisi homofonnya, menguntungkan atau tidak.

Berikut menu ikan yang bisa jadi pilihan untuk santap malam Imlek:

a. Ikan mas crucian

Pengucapan karakter pertama ikan mas crucian ( jy /jee-yoo/) terdengar seperti kata China ( j /jee ), yang berarti keberuntungan, sehingga menyantap ikan mas crucian diharapkan bisa mengundang keberuntungan untuk tahun depan.

b. Ikan mas lumpur

Pengucapan karakter pertama ikan mas lumpur ( ly /lee-yoo/) mirip-mirip dengan kata ( l /lee )yang berarti hadiah. Ini sebabnya, menyantap ikan mas lumpur diyakini bisa mendatangkan keberuntungan yang baik.

c. Ikan lele

Kata ikan lele ( niny /nyen-yoo/), dilafalkan dengan bunyi seperti ( nin y ), yang bermakna tahun keberuntungan.

d. Menyantap dua ikan

Menyantap dua jenis ikan, masing-masing pada Malam Tahun Baru dan satu pada Hari Tahun Baru, (jika ditulis dengan cara tertentu) terdengar seperti keinginan untuk surplus tahun demi tahun.

Jika hanya satu ikan lele yang dimakan, memakan bagian atas ikan pada malam Tahun Baru dan sisanya pada hari pertama Tahun Baru dapat diucapkan dengan arti homofonik yang sama.

Ikan harus menjadi hidangan terakhir yang tersisa dengan beberapa yang tersisa, karena memiliki homofonik yang menguntungkan. Sebabada surplus setiap tahun.

Tradisi ini banyak diyakini oleh masyarakat China di utara Sungai Yangtze. Didaerah lain, kepala dan ekor ikan tidak boleh dimakan sampai awal tahun, denganharapan Tahun Baru bisa dimulai dan diakhiri dengan surplus.

Aturan makan terkait posisi ikan:

a. Kepala harus diletakkan menghadap tamu terhormat, atau orang yang lebih tua. Ini penting untuk mewakili rasa hormat.

b. Ikan hanya boleh disantap oleh anggota makan malam lainnya, setelah orang yang mmenghadap kepala ikan, makan terlebih dahulu.

c. Ikan tidak boleh dipindahkan.

d. Dua orang yang menghadap kepala dan ekor ikan harus minum bersama, karena dianggap memiliki arti keberuntungan.

2. Pangsit khas China

Makanan khas Imlek yang satu ini memiliki makna kekayaan. Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit ( Jiozi /jyaoww-dzrr/) adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek, dan hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru Imlek.

Konon, semakin banyak pangsit khas China yang Anda makan, uang yang dihasilkan pun akan semakin banyak.

Makanan jenis ini sangat populer di China, terutama di wilayah Utara.

Pangsit khasChina dibuat seperti batangan perak China yang berbentuk perahu, lonjong, dan kedua ujungnya dimiringkan.Terbuat dari daging (daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi giling) dan sayuran cincang halus, yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis.

Pangsit dimasak dengan merebus, mengukus, menggoreng atau memanggang.

Orang Cina tidak makan pangsit asinan kubis Cina ( sunci /swann-tseye/) di Festival Musim Semi, karena dipercaya mendatangkanmasa depan yang buruk dan sulit.

Sementara makan pangsit dengan kubis dan lobak padaMalam Tahun Baru dipercaya dapat membuat kulit seseorang akan menjadi cerah,dan melembutkan suasana hati.

Aturan Membuat Pangsit

a. Saat membuat pangsit harus ada jumlah lipatan yang bagus. Jika Anda membuat persimpangan terlalu datar, itu dianggap sebagai lambang kemiskinan.

b. Beberapa orang China menaruh benang putih di dalam pangsit, dengan harapan yang memakannya bisa berumur panjang. Kadang, ada juga yang memasukkan koin tembaga, dengan harapan menjadi kaya.

c. Pangsit harus diatur dalam garis, bukan lingkaran, karena lingkaran pangsit diartikanhidup seseorang akan berputar dalam lingkaran, tidak pernah ke mana-mana.

3. Spring roll

Spring roll atau lumpia adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di wilayah timur China sepertiJiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong.

Spring roll yang diyakini bisa mendatangkan kekayaan,adalah hidangan dim sum Kanton dari gulungan berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Dibungkus denganadonan tipis, lalu digoreng, hingga berwarna kuning keemasan.

4. Kue beras ketan (Nian Gao)

Kue beras ketan ( Ningo /nyen-gaoww/) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek. Pengucapan katanya terdengar seperti "terus meningkat dari tahun ke tahun".

Makanan ini terbuat dari ketan, gula, kastanye, kurma China, dan daun teratai.

5. Bola nasi manis (Tangyuan)

Ini adalah makanan utama untuk Festival Lentera China. Tapi, di wilayah selatan China, orang memakannya selama Festival Musim Semi.

Pengucapan( Tngyun /tung-ywen/) dan bentuk bulat tangyuan dikaitkan dengan kebersamaan keluarga, kumpul bersama, atau reuni.Itu sebabnya mereka disukai oleh orang Chinasaat perayaan Tahun Baru Imlek.

6. Mie panjang umur

Mie panjang umur ( Chngshu Min /chung-show myen/) dimaknai sebagai keinginan untuk panjang umur. Panjang bentukdan persiapannya yang tidak terputus, juga menjadi simbol dari kehidupan pemakan. Ini adalah makanan keberuntungan yang dimakan saat Imlek di China Utara.

Bentuk mie jenis ini, lebih panjang dari mie normal dan tidak dipotong. Mie panajng umur dapat digoreng, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk isi kaldu.

7. Buah-buahan

Buah-buahan tertentu yang dimakan selama Imlekantara lain adalahjeruk keprok, jeruk, dan pomelo. Buah-buahan ini dipilih karena bentuknya yang sangat bulat dan berwarna "emas", sehingga dimaknai sebagai lambang keutuhan dan kekayaan. Namun pelafalannya, lebih mengandung arti keberuntungan.

Bahasa China untuk jeruk (dan jeruk keprok) adalah (chng /chnng/), yang terdengar sama dengan bahasa Cina untuk \'sukses\' ().

Salah satu cara penulisan jeruk keprok ( j /jyoo/), juga mengandung karakter Cina untuk keberuntungan ( j /jee/).

Makan pomelodianggap dapat membawa kemakmuran yang terus-menerus. Bahasa Cina untuk pomelo ( yu /yo/) terdengar seperti kata \'memiliki\' ( yu), kecuali nadanya, dan persis seperti \'lagi\' ( yu). [HES]

Topik Menarik