Mahfud MD Tegaskan Kondisi Papua Aman Terkendali

Mahfud MD Tegaskan Kondisi Papua Aman Terkendali

Nasional | jawapos | Sabtu, 29 Januari 2022 - 10:13
share

JawaPos.com Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Papua saat ini masih dalam kondisi kondusif. Hal ini dikatakan Mahfud usai melakukan rapat bersama dengan TNI dan Polri setelah muncul dua insiden di Bumi Cenderawasih.

Kami bicarakan ini semua tadi yang kesimpulannya, alhamdulillah sekarang aman terkendali, ujar Mahfud dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (29/1).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menegaskan bahwa insiden tersebut bukan karena bersinggungan dengan motif suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak mengaitkannya dengan motif SARA.

Mohon jangan dikembang-kembangkan, tidak ada motif SARA. Di Papua Barat itu adalah kasus tempat hiburan, orang konflik mencari hiburan di sana. Lalu ada perkelahian ada rumah dibakar, tempat hiburan dibakar, 17 orang meninggal, katanya.

Sementara itu, mengenai tiga prajurit TNI yang tewas ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Mahfud mengatakan itu karena dampak perubahan situasi yang dilakukan oleh militer. Pasalnya TNI kini bersifat defensif.

Memang itu perubahan situasi baru di dalam pendekatan baru. Sekarang TNI bersifat defensif tidak ofensif, ungkapnya.

Mahfud berujar, sejak pendekatan tersebut diberlakukan tidak ada lagi korban jiwa dari warga sipil di Papua. Pasalnya saat ini sasaran KKB mengarah ke TNI dan Polri.

Tapi, satu kemajuan yang harus kita pelihara tidak ada korban masyarakat atau warga sipil sejak ada pendekatan baru. Sasarannya memang kalau enggak ke TNI ya ke Polri, tuturnya.

Meski demikian, Mahfud tetap menyangkan adanya korban jiwa akibat baku tembak tersebut. Karena itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan melakukan evaluasi pendekatan cara baru tersebut.

Jadi sekarang bagaimana cara intensif dengan pendekatan baru itulah yang menurut Pak Panglima tadi akan segera dievaluasi dan disempurnakan, pungkasnya.

Topik Menarik