KPK Tunggu Janji Eks Pramugari Cantik Siwi Widi untuk Kembalikan Uang TPPU

KPK Tunggu Janji Eks Pramugari Cantik Siwi Widi untuk Kembalikan Uang TPPU

Nasional | inewsid | Jum'at, 28 Januari 2022 - 22:15
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunggu komitmen atau janji mantan pramugari cantik Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti, untuk mengembalikan uang yang diduga hasil tindak pidana korupsi eks Pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Wawan Ridwan. KPK mendapat informasi bahwa Siwi akan mengembalikan uang tersebut sejumlah Rp648 juta.

"Sejauh ini sudah dikomunikasikan akan mengembalikan uangnya, sehingga kami tunggu, termasuk nanti pada saat proses persidangan pasti kami panggil sebagai saksi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (28/1/2022).

Sikap kooperatif Siwi dalam mengembalikan dana dugaan pencucian uang, kata Ali, tidak akan berpengaruh atau meringankan pidana Wawan Ridwan. Menurut Ali, sikap kooperatif Siwi justru nantinya akan menjadi pembuktian dakwaan Wawan.

"Kooperatifnya seseorang atau mengembalikan hasil tipikor itu tidak berpengaruh terhadap pembuktian. Kemudian bahwa ada mengaku, berterus-terang, mengembalikan, itu sebenernya adalah alasan yang meringankan nantinya di persidangan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dalam surat dakwaan Wawan Ridwan terungkap adanya transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi dengan nilai total keseluruhan sebesar Rp647.850.000.

"Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp647.850.000.00," ujar jaksa KPK, M Asri Irwan, saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/1/2022).

Wawan Ridwan didakwa telah melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan cara menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan hingga mengubah bentuk hasil tindak pidana suapnya.

Topik Menarik