Perusakan Polda Jabar, Ketua GMBI Ditangkap, 11 Jadi Tersangka

Perusakan Polda Jabar, Ketua GMBI Ditangkap, 11 Jadi Tersangka

Nasional | apahabar.com | Jum'at, 28 Januari 2022 - 19:00
share

apahabar.com, BANDUNG Sebelas anggota organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) ditetapkan menjadi tersangka perusakan fasilitas di Polda Jawa Barat (Jabar).

Perusakan di Polda Jabar terjadi saat adanya aksi yang berujung ricuh, Kamis (27/1). Para tersangka itu dikenakan Pasal 160, Pasal 170, dan Pasal 406 KUHP.

Selain itu ada sebanyak tiga orang anggota GMBI lainnya yang masih berstatus saksi.

Ada juga yang turut membantu dan turut serta di dalamnya, kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo seperti dilansir Antara, Jumat (28/1).

Menurutnya 11 tersangka dan tiga saksi itu merupakan sebagian dari 731 orang yang diamankan oleh aparat kepolisian setelah pembubaran aksi yang diwarnai kericuhan.

Namun sejauh ini, Ketua Umum GMBI berinisial F yang sudah ditangkap menurut Ibrahim belum menjadi tersangka.

Menurutnya polisi masih melakukan pengembangan terhadap tokoh-tokoh yang terlibat.

Kita melakukan pengembangan terhadap aktor intelektualnya, kemungkinan masih ada tersangka tambahan yang kita lakukan pemeriksaan, ujar Ibrahim.

Selain para tersangka perusakan, Ibrahim mengatakan pihaknya juga mengamankan sebanyak 19 orang anggota GMBI yang diketahui positif narkoba.

Sebelumnya ratusan massa ormas GMBI aksi di depan Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, sejak Kamis (27/1) pagi.

Aksi tersebut menyebabkan kemacetan lalu lintas dan juga diwarnai aksi bakar ban.

Pada akhirnya aksi tersebut berujung ricuh hingga sejumlah fasilitas rusak mulai dari pintu gerbang, pagar patah, dan lampu pecah.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan pelemparan batu oleh para anggota ormas GMBI.

Adapun aksi tersebut dilakukan GMBI karena adanya ketidakpuasan terhadap penanganan kasus di Kabupaten Karawang pada tahun 2021.

Namun, polisi menyebut kasus itu justru telah proses dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Topik Menarik