Polda Jabar Tangkap Ketua Umum GMBI

Polda Jabar Tangkap Ketua Umum GMBI

Nasional | jawapos | Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:04
share

JawaPos.com Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombespol Ibrahim Tompo mengatakan, telah menangkap Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F. penangkapan itu dilakukan menyusul kericuhan di depan Mapolda Jabar, Kamis (27/1).

Menurut Ibrahim, pria berinisial F itu ditangkap pada Jumat (28/1) pagi di kediamannya di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Yakni tak lama setelah ratusan anggota GMBI ditangkap.

Masih ada beberapa orang yang masih kita kejar untuk penangkapan, kata Ibrahim seperti dilansir dari Antara di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (28/1).

Selain F, menurut Ibrahim, ada sejumlah orang yang turut diamankan. Sejumlah orang tersebut, diduga memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Adapun sejumlah orang yang diamankan, termasuk F, sejauh ini masih berstatus sebagai saksi. Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

Pemeriksaan akan dilakukan secara maratonkarena banyak. Semua itu agar bisa dilihat siapa saja yang terlibat pidana, terang Ibrahim.

Dengan adanya penangkapan sejumlah tokoh ormas GMBI, menurut dia, kini ada sebanyak 731 orang yang diamankan usai kericuhan yang terjadi di Polda Jawa Barat pada Kamis (27/1).

Dari kericuhan itu, Ibrahim menyebutkan ada sejumlah fasilitas yang rusak mulai dari pintu gerbang, pagar, dan lampu. Aksi tersebut diwarnai dengan pelemparan batu oleh para anggota ormas GMBI.

Aksi tersebut dilakukan GMBI karena adanya ketidakpuasan terhadap penanganan kasus di Kabupaten Karawang pada 2021. Namun polisi menyebut kasus itu justru telah proses dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Topik Menarik