Satgas Ingatkan DKI, Banten dan Jabar Sumbang 90,4 Persen Kasus Mingguan Covid-19

Satgas Ingatkan DKI, Banten dan Jabar Sumbang 90,4 Persen Kasus Mingguan Covid-19

Nasional | inewsid | Kamis, 27 Januari 2022 - 20:49
share

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menyumbangkan 13.316 dari total 14.729 kasus dalam seminggu terakhir atau sebesar 90,4 persen. Oleh karena itu, dia meminta pemerintah daerah tiga provinsi itu segera melakukan strategi mitigasi.

Sehingga pemerintah atau satgas daerah di provinsi tersebut perlu melakukan strategi mitigasi untuk menekan laju kasus selama dua minggu ke depan. Untuk mencegah lonjakan kasus yang lebih tinggi lagi, katanya, Kamis (27/1/2022).

Dia pun meminta agar tiga provinsi itu segera mengevaluasi dan kembali menegakkan implementasi protokol kesehatan. Baik di sektor perkantoran, fasilitas publik serta transportasi publik.

Pemerintah pusat akan berkoordinasi dan mengevaluasi upaya mitigasi daerah secara rutin, ujarnya.

Wiku juga mengimbau bagi masyarakat pada tiga provinsi tersebut untuk menghindari aktivitas di tempat dengan potensi penularan tinggi. Khususnya bagi pihak yang rentan terkena dampak buruk Covid-19.

Terutama bagi kategori rentan yaitu orang yang tidak dapat divaksin, anak-anak, lansia, yang memiliki komorbid untuk menghindari aktivitas serta tempat dengan risiko penularan yang tinggi, katanya.

Topik Menarik