Kapolri Listyo Nyatakan Komitmen Kantor Polisi Ramah Disabilitas

Kapolri Listyo Nyatakan Komitmen Kantor Polisi Ramah Disabilitas

Nasional | genpi.co | Kamis, 27 Januari 2022 - 17:38
share

GenPI.co - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya berkomitmen menjadikan kantor polisi ramah untuk semua golongan.

Sekaligus kantor polisi akan terbuka untuk siapa pun, khusunya bagi kelompok disabilitas dan berkebutuhan khusus.

"Kami terus berkomitmen untuk menjadikan kantor polisi ramah untuk semua golongan terutama kelompok rentan dan berkebutuhan khusus," ujar Sigit di kantornya, Kamis (27/1/2022).

Kapolri Listyo juga memastikan bakal menyediakan fasilitas dengan memberi pelayanan 50 persen seluruh satuan wilayah (satwil) dan satuan kerja (satker) pada 2022 agar ramah bagi penyandang disabilitas.

Menurutnya, ada beberapa fasilitas yang dibangun untuk penyandang disabilitas dan kelompok rentan, salah satunya, yakni 730 ruang ramah anak.

Selain itu, disediakan 676 tempat parkir, 122 jalur khusus, 1.088 toilet, 100 tanda khusus, 1.454 elevator handrail, 320 kursi roda, dan 2.468 ruang laktasi yang dikhusukan untuk penyandang disabilitas.

"Polri juga akan menambahkan petunjuk audio visual bagi penyandang tuna netra dan tuna rungu yang ingin mendapatkan pelayanan Polri dengan target 100 satuan kewilayahaan. Polri telah berkomitmen menyediakan fasilitas penyandang disabilitas ini sejak 2021," katanya.

Lebih lanjut, dia berharap fasilitas pelayanan penyandang disabilitas dapat memberikan kenyamanan bagi semua golongan yang datang ke kantor polisi.

"Ini merupakan peningkatan kualitas pelayanan publik dan demi mewujudkan Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan)," tutur Kapolri Listyo.(*)

Video viral hari ini:

Topik Menarik