Thailand-Malaysia Sudah, BI Perluas QRIS ke Singapura dan Arab Saudi

Thailand-Malaysia Sudah, BI Perluas QRIS ke Singapura dan Arab Saudi

Nasional | jawapos | Kamis, 27 Januari 2022 - 14:20
share

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) akan terus memperluas kerja sama penggunaan pembayaran digital buatan Indonesia atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS) ke berbagai negara. Setelah Thailand dan Malaysia, Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut, terbuka kemungkinan kerja sama dengan negara lainnya seperti Singapura dan Arab Saudi.

"Kemungkinan juga nanti dengan Singapura dan Saudi. Kami akan terus memperluas kerja sama QRIS," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (27/1).

Perry menargetkan tahun ini akan ada tambahan sebanyak 15 juta pengguna baru QRIS di Indonesia. Selain mempermudah kegiatan pembayaran masyarakat sehari-hari, QRIS juga mendorong sektor UMKM maupun ekonomi rakyat menuju digitalisasi.

"Kami juga memperluas fitur-fitur QRIS baik untuk transfer maupun setor," imbuhnya.

"Pada 2022, BI akan terus mendorong inovasi sistem pembayaran, menjaga kelancaran dan keandalan sistem pembayaran, serta memperkuat koordinasi antarkementerian lembaga untuk memastikan ketersediaan uang rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI," tandasnya.

Perluasan kerja sama dengan Malaysia dilakukan hari ini. Melalui inisiatif ini, masyarakat di wilayah Indonesia dan Malaysia dapat melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QRIS atau QR Code Pembayaran Malaysia, yaitu DuitNow pada merchant offline dan online.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono mengatakan, kerja sama ini diawali dengan fase uji coba dan menuju peluncuran fase komersial sepenuhnya pada kuartal ketiga tahun 2022. Kerja sama ini akan diperluas pada masa mendatang untuk mendukung pengiriman uang antarnegara secara real-time antara Indonesia dan Malaysia.

"Bank Indonesia menyadari pentingnya interkoneksi pembayaran antarnegara dan akan terus memperluas inisiatif tersebut," kata Doni dalam keterangan tertulis.

Deputi Gubernur Bank Negara Malaysia Jessica Chew Cheng Lian mengatakan, interkoneksi QR Code pembayaran antarnegara ini menandai tonggak penting dalam sejarah panjang kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia.

"Perkembangan ini merupakan sebuah langkah besar untuk mewujudkan visi menciptakan jaringan sistem pembayaran ritel yang cepat dan efisien di ASEAN, yang pada akhirnya akan mengakselerasi transformasi digital dan integrasi keuangan untuk kepentingan individu maupun bisnis," tuturnya.

Topik Menarik