60 Pegawai Positif Covid-19, Gedung Kemensos Lockdown

60 Pegawai Positif Covid-19, Gedung Kemensos Lockdown

Nasional | sindonews | Kamis, 27 Januari 2022 - 13:39
share

JAKARTA - Sebanyak 60 pegawai Kementerian Sosial (Kemensos) dinyatakan positif Covid-19. Gedung Kemensos di Jalan Salemba Raya, Jakarta pun di-lockdown.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta seluruh pegawai di lingkungan Kemensos di Kantor Pusat Jakarta maupun pegawai di Balai-Balai Kemensos untuk menjalani test swab PCR. Hasilnya 60 pegawai di Kemensos Pusat dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran virus sekaligus melindungi kesehatan dan keselamatan pegawai. "Seluruh pegawai di lingkungan Kemensos menjalani tes PCR. Yang positif diberikan layanan kesehatan dan ruangan isolasi dengan pengawasan dokter dan tenaga kesehatan," kata Risma dalam keterangannya, Kamis (27/1/2022).

Untuk memastikan lingkungan kantor steril dari virus, dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan. Penyemprotan dilakukan juga pada permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja kursi, dan ramp tangga.

Selain itu telah diambil langkah-langkah lebih lanjut. Penerapan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan menunda perjalanan, tracing kepada seluruh pegawai dan keluarga yang terpapar Covid.

Selanjutnya dilakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/1/2022) hingga Senin (31/1/2022). Untuk pelaksanaan tugas yang mendesak dapat dikerjakan pegawai yang sehat (PCR negatif) dengan jumlah terbatas berdasarkan penugasan pimpinan satuan kerja.

Terkait vaksinasi tahap 3 (vaksin booster) sedang diindentifikasi pegawai yang sudah punya e-tiket vaksin tahap-3. Untuk percepatan telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Bagi pegawai yang terpapar Covid diberikan paket obat-obatan dan vitamin ke poliklinik Kemensos. Jika memerlukan tempat isolasi mandiri disediakan Graha Atensi di Balai Mulya Jaya dan Balai Budi Darma Bekasi.

"Meskipun memberlakukan sejumlah pembatasan, Kemensos memastikan pelayanan terhadap masyarakat tetap dapat dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secaa ketat, seperti pelaksanaan penyaluran bantuan sosial," kata Risma.

Topik Menarik