Loading...
Loading…
Uji Klinis Vaksin Merah Putih Mulai 8 Februari

Uji Klinis Vaksin Merah Putih Mulai 8 Februari

Nasional | jawapos | Kamis, 27 Januari 2022 - 12:30

JawaPos.com Vaksin Merah Putih platform Universitas Airlangga (Unair) segera diuji klinis. Rencananya, uji klinis fase I tersebut digelar pada 78 Februari di RSUD dr Soetomo (RSDS). Relawan atau partisipan yang dilibatkan dalam uji klinis fase I mencapai 90 orang.

Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSDS Prof Dr dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa SpKK (K) FINSDV FAADV mengatakan, uji klinis Vaksin Merah Putih platform Unair-PT Biotis segera dimulai 8 Februari. Selang seminggu kemudian, pelaksanaan uji klinis fase I overlap dengan uji klinis fase II.

Kalau hasilnya baik, baru dilanjut uji klinis fase III, katanya kepada Jawa Pos seusai pelantikan dokter muda di Fakultas Kedokteran (FK) Unair Rabu (26/1).

Cita menuturkan bahwa uji klinis fase I membutuhkan 90 partisipan atau relawan. Saat ini RSDS sudah memiliki lebih dari 100 relawan. Namun, jumlah tersebut masih harus diskrining terlebih dahulu. Syarat relawan, rentang usianya dewasa dan sehat, ujarnya.

Selain itu, partisipan untuk uji klinis fase I dan II harus belum pernah menjalani vaksinasi Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara, untuk uji klinis fase III masih didiskusikan tentang syarat belum pernah divaksin sama sekali, tuturnya.

Cita mengatakan, pelaksanaan uji klinis fase I dan II akan difokuskan di RSUD dr Soetomo. Untuk uji klinis fase III, RSDS akan menggandeng Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dan rumah sakit lain.

Belum dibahas detail. Kurang lebih butuh waktu satu tahunan untuk uji klinis fase I, II, dan III, imbuhnya.

Saat ini jumlah relawan yang sudah mendaftar sebagai partisipan pelaksanaan uji klinis Vaksin Merah Putih platform Unair-PT Biotis lebih dari 300 orang. Jumlah tersebut masih kurang untuk memenuhi uji klinis fase I dan III.

Semoga bisa segera memenuhi skrining untuk uji klinis fase I dan II, ujar dia.

Untuk mendapatkan jumlah partisipan uji klinis Vaksin Merah Putih, lanjut dia, tim riset uji klinis RSDS telah menyebarkan Google Form ke masyarakat serta berbagai kalangan dan kelompok.

Ada juga dari perusahaan-perusahaan dan pesantren yang sebelumnya tidak bersedia divaksin, sekarang mau divaksin. Kami berupaya menggandeng mereka, katanya.

Peneliti utama uji klinis Vaksin Merah Putih platform Unair-PT Biotis dr Dominicus Husada SpA (K) mengatakan, dalam tahapan uji klinis tersebut, partisipan tidak langsung disuntik Vaksin Merah Putih platform Unair. Mereka harus diskrining terlebih dahulu. Termasuk cek laboratorium lengkap.

Original Source

Topik Menarik