Loading...
Loading…
Inilah Daftar Negara Yang Tidak Dikenal Di Dunia Dan Alasan Mengapa Mereka Diabaikan

Inilah Daftar Negara Yang Tidak Dikenal Di Dunia Dan Alasan Mengapa Mereka Diabaikan

Nasional | riau24.com | Kamis, 27 Januari 2022 - 08:56

RIAU24.COM- Dalam penampilan besar pertamanya sejak menjabat sebagai ketua,penjabat perdana menteri Taliban Mohammad Hassan Akhund meminta komunitas globalterutama negara-negara Islamuntuk memberikan legitimasi kepada pemerintah baru Afghanistan, bersikeras bahwa pemerintah telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk pengakuan resmi.

Sejak pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban, tidak ada negara yang secara resmi mengakui kekuasaan mereka.

Selama pemerintahan mereka sebelumnya dari 1996 hingga 2001, hanya tiga negara Pakistan, Arab Saudi dan UEA yang mengakui kekuasaan mereka.Sekarang ketika negara itu menderita krisis keuangan ekstrem yang disertai dengan krisis kemanusiaan, pengakuan internasional sangat penting bagi Taliban.

zxc1

Pengakuan internasional sangat penting bagi suatu negara untuk eksis dengan baik dalam suasana politik dunia saat ini.Tidak ada pengakuan yang mengarah pada tidak atau kurang hubungan diplomatik yang dapat menyebabkan masalah perdagangan, komunikasi dan pertukaran.

Meskipun demikian, banyak negara yang ada saat ini yang tidak diakui oleh mayoritas negara di dunia.Mereka sama sekali tidak diakui atau diakui sebagai bagian dari negara lain.

Baca Juga :
Way, Mantan Anggota Grup Crayon Pop, Ungkap Pernah Disindir Aktris Senior karena Masalah Food Truck

Berikut adalah daftar beberapa negara seperti itu:

Siprus Utara

Ini adalah negara merdeka di timur laut Siprus yang mendeklarasikan kemerdekaan dari Siprus pada tahun 1983. Sementara PBB mengakuinya sebagai bagian dari Siprus, hanya diakui oleh Turki.

Pulau Siprus telah berada di bawah kendali Inggris sejak 1878. Pulau itu memiliki mayoritas orang Kristen terutama Siprus Yunani dan minoritas Muslim terutama Siprus Turki.Setelah keluarnya Inggris, ketegangan muncul antara dua komunitas, karena Siprus Yunani ingin mengaksesi Yunani sementara Turki menginginkan pembagian pulau itu.Dalam upaya untuk menggabungkan Siprus dengan Yunani, nasionalis Siprus Yunani dan bagian dari junta militer Yunani mencoba kudeta pada 15 Juli 1974.

zxc2

Tindakan ini memicu invasi Turki ke Siprus pada 20 Juli, yang mengakibatkan penaklukan wilayah Siprus Utara saat ini dan pemindahan hampir 150.000 Siprus Yunani dan Turki.Pada tahun 1983, sebuah deklarasi sepihak memproklamasikan negara Siprus Turki yang terpisah di utara.

Republik Siprus secara de facto dibagi menjadi dua bagian: wilayah di bawah kendali efektif Republik, yang mencakup sekitar 59 persen dari wilayah pulau dan terletak di selatan dan barat, dan utara, yang dikelola oleh negara yang dideklarasikan sendiri. Republik Turki Siprus Utara dan mencakup sekitar 36 persen dari luas pulau.Zona penyangga PBB mencakup sekitar 4% dari total luas permukaan pulau.Dunia internasional menganggap bagian utara pulau itu sebagai wilayah Republik Siprus yang telah diduduki oleh pasukan Turki.

Baca Juga :
BAM Ungkap Alasan Mengapa Lee Zii Jia Berpartisipasi di BATC 2022

Siprus Utara bergantung pada Turki untuk pertahanan, Keuangan, Hubungan Internasional.Siprus Utara telah diberikan status pengamat oleh OKI dan ECO.

Taiwan

Secara resmi dikenal sebagai Republik Cina, itu adalah negara pulau kecil di timur laut Cina.Negara ini diakui oleh 13 negara bagian PBB, sementara mempertahankan hubungan tidak resmi dengan hampir 50 negara termasuk AS.Sementara China menganggapnya sebagai bagian dari negaranya, ia ingin diakui sebagai negara merdeka.

Republik Tiongkok, yang didirikan pada tahun 1912 dan berbasis di Taiwansejak 1949, menikmati pengakuan mayoritas sebagai satu-satunya pemerintahan Tiongkok hingga akhir 1950-an dan awal 1960-an, ketika mayoritas negara anggota PBB mulai mengalihkan pengakuan ke Republik Rakyat Tiongkok.ROC adalah satu-satunya perwakilan Cina di PBB sampai tahun 1971, ketika disetujui untuk memberikan pengakuan ini kepada RRC sebagai gantinya.Sejak itu tidak diakui oleh PBB maupun oleh mayoritas negara.

Kosovo

Ini adalah negara kecil di Eropa Tenggara. Kosovosecara sepihak mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 17 Februari 2008, sementara Serbia Mengklaimnya sebagai Provinsi Otonom Kosovo dan Metohija.

Pada 2020, 97 dari 193 negara anggota PBB, 22 dari 27 negara anggota Uni Eropa, 26 dari 30 negara anggota NATO, dan 31 dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam telah mengakui Kosovo.Ini adalah anggota Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.Itu tidak diakui oleh Cina, Rusia, India di antara negara-negara lain dan juga tidak oleh PBB.

Republik Demokratik Arab Sahrawi

Sahara Barat, juga dikenal sebagai Republik Demokratik Arab Sahrawi, adalah negara berdaulat de facto yang diakui sebagian di Afrika barat yang mengklaim wilayah Sahara Barat yang tidak memiliki pemerintahan sendiri tetapi hanya menguasai seperlima paling timurnya.Sahara Barat dikenal sebagai Sahara Spanyol, sebuah koloni Spanyol, dari tahun 1884 hingga 1975. Sekitar waktu keluarnya Spanyol, Maroko menyerbu wilayah tersebut.

Baca Juga :
Mandul dan Gagal Lolos Langsung ke Piala Dunia, Italia Diminta Panggil Striker Terlupakan

Front Polisario mengumumkan kemerdekaan Sahara Barat sebagai Republik Demokratik Arab Sahrawi pada tahun 1976. (SADR).SADR terutama adalah pemerintah Aljazair di pengasingan yang mengklaim wilayah penuh Sahara Barat tetapi hanya mengontrol sebagian kecil saja, sisa wilayah tersebut berada di bawahMaroko.41 negara anggota PBB telah meratifikasi SADR.Maroko mengklaim Sahara Barat termasuk wilayah yang dikuasai SADR sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.

Republik Abkhazia

Ini adalah negara bagian yang diakui sebagian di Kaukasus Selatan, yang terletak di pantai timur Laut Hitam.Sebagian besar negara menganggap wilayah itu sebagai bagian dari Georgia, yang memandangnya sebagai republik otonom.Abkhazia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1999. Hanya Rusia,Venezuela, Nikaragua, Nauru, dan Suriah yang semuanya mengakui negara tersebut.Terlepas dari kenyataan bahwa Georgia tidak memiliki kedaulatan atas Abkhazia, pemerintah Georgia dan mayoritas negara anggota PBB menganggap Abkhazia sebagai bagian sah dari Georgia, dengan Georgia mempertahankan pemerintahan resmi di pengasingan.

Original Source

Topik Menarik

{