Punya Persiapan Sepekan, Timnas Indonesia Siap Lawan Timor Leste

Punya Persiapan Sepekan, Timnas Indonesia Siap Lawan Timor Leste

Nasional | republika | Kamis, 27 Januari 2022 - 00:10
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia memastikan diri siap tempur menghadapi Timor Leste pada laga uji coba FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Skuad Garuda memiliki persiapan selama satu pekan menjelang laga tersebut ketika tiba di Bali pada Kamis (20/1/2022) lalu untuk menggelar pemusatan latihan (TC).

Di hari kelima, Evan Dimas dkk berlatih di Stadion Gelora Samudra, dengan pelatih fisik Shin Sang-gyu guna memastikan kondisi fisik para pemain sudah prima untuk menghadapi Timor Leste.

Sang-gyu mengakui setelah pulang dari kejuaraan Piala AFF 2020 di Singapura, kondisi fisik pemain sedikit menurun karena rata-rata hampir tampil dua kali dalam sepekan bersama klub.

Namun Sang-gyu memastikan semua pemain sudah siap untuk bertanding, kecuali bek Pratama Arhan yang mengalami radang otot.

"Para pemain kondisinya kurang maksimal setelah kembali ke klub, dan setelah latihan, tidak ada masalah untuk pertandingan tanggal 27 dan 30 Januari," kata Sang-gyu dalam wawancara bersama tim media PSSI, dikutip dari Youtube resmi PSSI, Rabu (26/1/2022). "Kondisi Arhan mungkin ada radang di bagian otot, karena Arhan main terus di level timnas sejak tahun lalu, tapi secara fisik tidak ada masalah, yang penting berkurang rasa nyerinya."

Di atas kertas, Skuad Garuda jauh lebih unggul dari Timor Leste. Sejarah pertemuan kedua tim sejak 2010, Indonesia selalu meraih kemenangan dari the Rising Sun dalam empat pertandingan resmi internasional. Secara agregat, tim Merah Putih berhasil membobol 15 gol dan hanya kebobolan satu kali di empat pertandingan tersebut.

Di sisi lain, sejak awal pelatih Shin Tae-yong tidak melihat Timor Leste sebagai lawan yang berat. Kendati demikian, ia memastikan skuad asuhannya akan bermain secara maksimal, karena menurutnya, pertandingan melawan Timor Leste merupakan rangkaian dari persiapan menghadapi sejumlah kejuaraan tahun ini.

Topik Menarik