Ucapan Arteria Dahlan Dilimpahkan ke Polda Metro

Ucapan Arteria Dahlan Dilimpahkan ke Polda Metro

Nasional | acehsatu.com | Rabu, 26 Januari 2022 - 03:42
share

ACEHSATU.COM | Bandung - Ucapan Arteria Dahlan berbuntut panjang tidak saja diadukan ke polda jabar namun berkas nya sudah di limpah ke Polda Metro Jaya yang menyinggung masyarakat Sunda.

Aduan tersebut dilimpahkan lantaran lokasi kejadian berada di Senayan, Jakarta.

Pelimpahan sudah dilakukan oleh Polda Jabar ke Polda Metro Jaya pada Selasa (25/1). Anggota DPR RI tersebut diadukan oleh Majelis Adat Sunda. "Laporan pengaduan tersebut sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Rabu (26/1/2022).

Ibrahim menjelaskan ada beberapa pertimbangan yang membuat pengaduan itu dilimpahkan. Salah satunya, lokasi ucapan Arteria itu dilakukan di Jakarta.

"Karena pertimbangan kejadiannya di wilayah Jakarta," kata Ibrahim.

Sekadar diketahui, Majelis Adat Sunda melaporkan Arteria Dahlan ke Polisi. Mereka menilai ucapan Arteria soal \'Kajati Berbahsa Sunda\' dipecat sudah menyakiti perasaan masyarakat Sunda.

"Ini yang menyakitkan orang Sunda, saudara-saudara kita dari daerah lain juga merasa tersinggung, hari ini mungkin nasib jeleknya lagi menimpa orang Sunda, diperlakukan seperti itu. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari suku bangsa lain bakal dilakukan hal yang sama," ujar Pupuhu Agung Dewan Keratuan Majelis Adat Sunda Ari Mulia Sebagja.

Meski Arteria sudah meminta maaf, Majelis Adat Sunda tetap melanjutkan proses hukum. Hal ini, kata Ari, sebagai bagian membuat efek jera untuk tak lagi melakukan perbuatan yang menyakiti perasaan masyarakat.

"Kalau memaafkan, kami sudah memaafkan tapi kan harus ada pembelajaran apalagi anggota DPR RI melakukan tindakan tidak terpuji maka kami akan tetap melakukan proses hukum," ujar Ari.

Buntut Panjang Ulah Arteria Dahlan Minta Kajati Berbahasa Sunda Diganti

Ulah Arteria Dahlan meminta Kajati berbicara bahasa Sunda saat rapat diganti kian menuai polemik. Meski telah menggelar klarifikasi dan permintaan maaf pribadi, namun pernyataan Arteria Dahlan terlanjur membuat malu Ketua PDIP, Said Abdullah.

Pasca heboh dan menuai kritikan banyak kalangan, Arteria Dahlan sebenarnya sudah menggelar konferensi pers untuk memohon maaf sekaligus mengklarifikasi permintaan kepala kejaksaan tinggi (kajati) berbahasa Sunda diganti.

Politisi PDIP itu menekankan tidak bermaksud dan niat menjelek-jelekkan masyarakat Jawa Barat, khususnya suku Sunda.

Topik Menarik