Seberapa Banyak Anak yang Alami KIPI Vaksin Covid-19?

Seberapa Banyak Anak yang Alami KIPI Vaksin Covid-19?

Nasional | republika | Selasa, 25 Januari 2022 - 21:15
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Nasional KIPI Prof Hindra Irawan Satari menepis kabar yang menyebut ada banyak kasus kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) setelah vaksinasi Covid-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun. Ia mengungkapkan, laporan yang masuk justru memperlihatkan sebaliknya.

"Dari segi umur, KIPI pada usia muda lebih rendah dari yang usia produktif dan lansia. Jadi tidak benar jika KIPI pada anak lebih tinggi," kata Prof Hindra sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Selasa (25/1/2022) sore.

Komisi Nasional KIPI menerima laporan KIPI serius sebanyak 122 kasus pada warga berusia 31-45 tahun. Lalu, ada 97 kasus pada warga berusia 18-30 tahun.

"Ada 77 kasus KIPI pada warga berusia di atas 59 tahun dan 68 kasus pada warga berusia 46-59 tahun," ungkap Prof Hindra.

Menurut catatan Komisi Nasional KIPI, ada 19 kasus pada remaja usia 12-17 tahun. Hanya satu kasus pada anak usia enam hingga 11 tahun.

Angka kasus KIPI serius yang rendah, menurut Hindra, membuktikan bahwa vaksinasi Covid-19 aman dilakukan pada anak usia enam sampai 11 tahun. Menurut dia, hasil uji klinis juga menunjukkan penyuntikan vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek serius.

Tidak ada laporan KIPI serius pada kelompok anak yang diberi vaksin. Kejadian ikutan pasca-imunisasi yang muncul umumnya ringan dan mudah diatasi.

"Dari uji klinis fase 1 dan 2 vaksin Sinovac yang telah kami lakukan pada anak dan remaja usia tiga sampai 17 tahun menunjukkan bahwa reaksi yang dialami cenderung ringan, mayoritas mengalami nyeri lokal diikuti demam dan batuk," kata Hindra.

Pada pemberian vaksin Covid-19 buatan Pfizer, menurut dia, efek samping yang dominan adalah kelelahan, sakit kepala, dan menggigil. Hindra menekankan bahwa reaksi yang muncul usai vaksinasi Covid-19 merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan.

"Yang harus diperhatikan adalah derajat efek samping dari vaksinasi, sebab KIPI memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang bereaksi ringan hingga berat," katanya.

Hindra menyarankan orang yang mengalami reaksi ringan setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 segera beristirahat. Minum obat dan cukup air putih jika demam.

"Kalau ada nyeri di tempat suntikan tetap gerakkan tangan dan kompres dengan air dingin," katanya.

Topik Menarik