Studi Banding ke Undiksha, Rektor UNM Bakal Hadirkan Prodi Pendidikan Kedokteran

Studi Banding ke Undiksha, Rektor UNM Bakal Hadirkan Prodi Pendidikan Kedokteran

Nasional | sulselsatu.com | Selasa, 25 Januari 2022 - 20:48
share

SULSELSATU.com, MAKASSAR Rektor UNM Prof Husain Syam bersama para Wakil Rektor dan petinggi Universitas Negeri Makassar mengunjungi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Bali, pada Selasa (25/1/2022).

Kunjungan Prof Husain Syam dan para jajarannya ke Undiksha diterima langsung oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, didampingi para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Kepala Biro, sejumlah pejabat Fakultas Kedokteran, dan Tim Pengembangan Prodi Pendidikan Kedokteran.

Rektor UNM mengatakan Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding pengusulan Program Studi Pendidikan Kedokteran.

Lebih lanjut, Rektor UNM Prof Husain Syam mengungkapkan, dalam kunjungannya studi banding ke Undiksha karena untuk klaster Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Guru besar dibidang pertanian ini menilai Undiksha adalah perguruan tinggi yang pertama kali memiliki Program Studi Pendidikan Kedokteran.

Sejak awal memang kami ingin UNM bisa menghadirkan prodi layanan di masyarakat, khususnya Ilmu Kedokteran, seperti yang ada di Undiksha. Karena itu saya juga tidak mengatakan Undiksha di bawah grade dari kita, itu sama pergerakannya. Karena ada yang lebih di UNM ada yang kurang, begitu pula sebaliknya, ungkapnya.

Oleh sebab itu, Kehadirannya ke Undiksha bersama sejumlah pejabat Universitas, mulai dari Ketua Senat, Wakil Rektor, dan Ketua Program Pascasarjana menunjukkan bentuk keseriusan pihaknya untuk belajar, untuk mempersiapkan berbagai hal dalam rangka mewujudkan Prodi Pendidikan Kedokteran.

Kami membawa rombongan keseluruhan, full team. Ini maksudnya bahwa kita serius ingin belajar tentang Prodi Pendidikan Kedokteran di Undiksha, tegasnya.

Sebagaimana diketahui, kolaborasi antara Undiksha dengan UNM sudah berjalan sejak lama, khususnya dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Kolaborasi ini terus ditingkatkan dalam rangka peningkatan kualitas maupun data saing, terlebih di era revolusi industri 4.0 maupun era globalisasi.

Sementara itu, Rektor Undiksha menyampaikan bahwa kunjungan rombongan UNM menunjukkan Undiksha adalah perguruan tinggi lembaga kependidikan yang pertama kali mendapatkan izin Prodi Pendidikan Kedokteran.

Ke depan, kolaborasi ini diupayakan terus dipererat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas output agar menjadi Sumber Daya Manusia Unggul yang kompetitif, berdaya saing, dan berkarakter. Hal tersebut menjadi komitmen Undiksha maupun UNM.

Topik Menarik