Loading...
Loading…
11 Minuman ini ampuh atasi obesitas, bantu turunkan berat badan

11 Minuman ini ampuh atasi obesitas, bantu turunkan berat badan

Nasional | brilio.net | Selasa, 25 Januari 2022 - 17:02

Brilio.net - Obesitas nggak hanya sekadar kondisi kelebihan berat badan. Namun, bisa juga berisiko jadi penyebab sejumlah penyakit lainnya. Dilansir dari nhs.uk, obesitas bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat.

Umumnya, orang-orang yang terdeteksi obesitas mengonsumsi banyak makanan olahan maupun fast food. Makanan yang kurang sehat tersebut memang susah dihindari karena praktis, terjangkau, dan rasanya lezat. Namun, bukan berarti tidak bisa dikontrol, lho.

Sesekali, memang bisa mengonsumsi makanan olahan maupun fast food. Namun, penting untuk selalu berusaha lebih sering mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan utuh (real food) lainnya.

Di sisi lain, ada pula minuman yang bisa dikonsumsi oleh penderita obesitas, lho. Berikut 11 minuman yang ampuh turunkan bobot dan atasi obesitas, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (25/1). 1. Air putih.

foto: pexels.com

Nggak hanya penderita obesitas, air putih penting untuk dikonsumsi semua orang. Menurut seorang ahli gizi bernama Acacia Wright asal Colorado, Amerika Serikat, penderita obesitas yang rutin minum cukup air putih, metabolismenya bisa ditingkatkan. Selain itu, air putih juga bisa melancarkan pencernaan, membantu penyerapan nutrisi, membersihkan tubuh, hingga menekan nafsu makan. 2. Cuka apel.

Baca Juga :
Air Putih Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

foto: unsplash.com

Cuka apel merupakan salah satu minuman sehat yang nggak hanya bisa menutrisi tubuh, tetapi juga menurunkan berat badan. Minuman ini juga cocok dikonsumsi penderita obesitas, lho. Dilansir dari parade.com, cuka apel mengandung asam yang bisa bantu bakar lemak pada tubuh. 3. Jus jeruk.

foto: unsplash.com

Semua jenis jeruk maupun lemon sangat bermanfaat untuk kesehatan baik. Buah satu ini pun bisa dikonsumsi langsung atau diblender menjadi jus. Dilansir dari webmd.com, minuman ini terbukti ampuh menurunkan berat badan jika dikonsumsi sebelum makan secara rutin dalam 12 minggu. Pasalnya, jus jeruk maupun lemon bisa membuat perut cenderung kenyang. 4. Jus sayuran.

foto: unsplash.com

Penderita obesitas juga direkomendasikan untuk mengonsumsi jus sayuran secara rutin. Kamu bebas memilih jenis sayuran kesukaanmu baik bayam, kale, batang seledri, dan lain-lain.

Baca Juga :
Kurangi Gula dan Nasi Jadi Hal Awal Kurangi Obesitas

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, jus sayuran ini rendah kalori namun sangat tinggi serat. Sehingga ampuh menurunkan berat badan, tak terkecuali untuk penderita obesitas. 5. Teh hijau.

foto: unsplash.com

Nggak perlu heran jika orang yang rutin mengonsumsi teh hijau cenderung punya tubuh sehat. Pasalnya, manfaat dari teh satu ini banyak sekali. Menurut ahli gizi Bansari Acharya di kota Michigan, Amerika Serikat, teh hijau tinggi kandungan antioksidan dan katekin yang bisa meningkatkan metabolisme. 6. Teh hitam.

foto: unsplash.com

Tak hanya teh hijau, teh hitam pun cocok dikonsumsi untuk mengatasi obesitas. Menurut penelitian di Universitas California (UCLA), teh hitam bisa menurunkan berat badan, sekaligus berfungsi sebagai probiotik untuk pertumbuhan bakteri baik di dalam alat pencernaan. 7. Infused water.

foto: unsplash.com

Infused water bisa diolah pakai air putih dengan berbagai bahan seperti lemon, daun mint, timun, stroberi, nanas, dan masih banyak lagi. Minuman ini bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mengatasi obesitas, lho.

Dilansir dari healthshots.com, infused water yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Sehingga, berat badan bisa otomatis turun secara perlahan. 8. Air jinten.

foto: unsplash.com

Banyak yang mengira jika jinten hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, ternyata jinten bisa diseduh sebagai minuman untuk mengontrol berat badan, lho. Dilansir dari healthline.com, jinten punya antikosidan dan anti-inflamasi yang bisa membersihkan tubuh serta menurunkan bobot.

Kamu bisa merendam 2 sendok teh jinten di dalam air, dan diamkan selama 5 sampai 6 jam sebelum diminum. Bisa juga menambahkan air lemon ke dalamnya. 9. Jahe.

foto: unsplash.com

Air seduhan jahe atau teh jahe pastinya sudah nggak asing untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari vitagene.com, minuman jahe tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi oleh penderita obesitas. Cocok dikonsumsi satu gelas sebelum makan setiap hari, lho. 10. Air kelapa.

foto: unsplash.com

Air kelapa juga nggak kalah ampuh bikin berat badan turun. Dilansir dari ndtv.com, air kelapa rendah kalori, aman untuk perut serta pencernaan, dan mengandung enzim yang bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga, baik dikonsumsi secara rutin bagi penderita obesitas. 11. Kopi.

Baca Juga :
Utamakan Serat, Berikut 8 Makanan untuk Kecantikan dan Turunkan BB

foto: unsplash.com

Kopi juga bisa menurunkan berat badan dan membantu atasi obesitas, lho. Namun, dengan catatan, kopi sebaiknya nggak dikonsumsi bersama susu dan gula. Pasalnya, susu dan gula justru bisa bikin berat badan naik kembali karena kalorinya cenderung tinggi.

Original Source

Topik Menarik

{