Loading...
Loading…
Penemuan Ikan Hiu Tertua di Dunia Berusia Ratusan Tahun

Penemuan Ikan Hiu Tertua di Dunia Berusia Ratusan Tahun

Nasional | riau24.com | Selasa, 25 Januari 2022 - 11:39

RIAU24.COM- Sekelompok ilmuwan pernah menemukan hiu berusia 392 tahun. Bernama hiu Greenland, hiu tersebut ditemukan di Kutub Utara dan bisa jadi merupakan vertebrata tertua yang masih hidup di dunia.

Dari hasil penelitian, kemungkinan hiu tersebut lahir pada awal tahun 1505 dan hidup di suhu -1 derajat hingga 10 derajat celcius. Dilansir dari Metro.co.uk, ada kemungkinan bahwa hiu tersebut bisa berenang sedalam 7.200 kaki dan beratnya lebih dari satu ton.

Hiu yang ditemukan sepanjang 18 kaki tersebut dikabarkan dapat tumbuh sepanjang 1 cm per tahun. Dan ia hidup saat ini hanya untuk mencari pasangan. Namun hal ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

zxc1

Informasi kebenaran tentang Hiu Greenland ini sendiri masih simpang siur. Dari laporan Greenland Shark and Elasmobranch Education and Research Grup (GEERG), disebutkan bahwa hiu tersebut berasal dari Arktik dan Atlantik Utara, dan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 24 kaki (7 meter) dan berat hingga 2.645 pon (1.200 kilogram).

Disebut pula bahwa hiu itu adalah hiu yang bergerak dengan lambat, kecepatannya sekitar 1 kaki per detik (0,3 meter/detik), dan mampu berenang hingga kedalaman 9.101 kaki (2.774 m).

Namun para peneliti sepakat bahwa hiu ini bisa hidup berabad-abad, setidaknya bisa sampai 500 tahun lebih. Namun sampai saat ini, belum pernah ditemukan bahwa ada hiu Greenland yang hidup selama itu.

Mereka juga sepakat bahwa hiu Greenland yang paling muda ditemukan saat ini berusia 272 tahun. Yang jelas, hiu ini sangat sulit untuk diamati karena keberadaannya di dasar laut dalam yang dingin.

zxc2

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai penemuan hiu tertua ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @otaklite (24/01/2022). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

Original Source

Topik Menarik