Perhelatan G20, Indonesia Ketiban Durian Runtuh

Perhelatan G20, Indonesia Ketiban Durian Runtuh

Nasional | genpi.co | Selasa, 25 Januari 2022 - 11:20
share

GenPI.co - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan bahwa G20 bisa membuat Indonesia ketiban durian runtuh.

Sebab, menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengembangkan transformasi digital inklusif.

Johnny mengatakan, langkah itu dengan mengembangkan tata kelola digital yang lebih adil lewat diskusi negara berkembang dengan negara maju.

Dia mengatakan, pihaknya siap memperjuangkan pengembangan sektor digital untuk Indonesia dan negara-negara berkembang.

"Kami mengusung beragam deliverables dalam bentuk pengayaan isu, diskusi kebijakan, dan tangible output untuk mendorong pengembangan sektor digital Indonesia," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin 24/1).

Johnny mengatakan, ada tiga isu prioritas yang bakal didorong di G20, yakni pemerataan akses digital, literasi digital, dan arus data lintas batas negara yang aman.

"Isu prioritas pertama, kami akan mendorong diskusi pemerataan akses digital dan digitalisasi yang menyeluruh termasuk bagi kelompok rentan,"ujarnya.

Dia mengatakan, untuk prioritas kedua, pihaknya mendorong pemerataan literasi dan keterampilan digital masyarakat sebagai prasyarat transformasi digital yang inklusif.

Untuk isu ketiga Indonesia akan terus menekankan perwujudan arus data lintas batas negara yang aman, produktif, dan berbasis kepercayaan.

"Untuk mewujudkan target-target tersebut Indonesia mengambil strategi kolaborasi di level internasional dan nasional," kata Johnny G. Plate. (*)

Lihat video seru ini:

Topik Menarik