Panglima TNI Jelaskan Alasan Tunjuk Menantu Luhut Jadi Pangkostrad

Panglima TNI Jelaskan Alasan Tunjuk Menantu Luhut Jadi Pangkostrad

Nasional | jawapos | Senin, 24 Januari 2022 - 19:46
share

JawaPos.com Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak telah resmi ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Menanggapi hal tersbut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan penunjukan terhadap menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sudah melalui proses penilaian yang panjang dan dilakukan secara profesional. Sehingga menurut dia, Maruli memang pantas mengemban jabatan tersebut.

Jadi penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas juga menjadi Pangkostrad, ujar Andika di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut menuturkan, banyak calon-calon Pangkostrad dari bintang tiga. Namun jabatan Pangdam menjadi salah satu bagian yang dilakukan penilaian.

Dan jabatan Pangdam itu sebetulnya adalah salah satu penilaian, aspek penilian, apakah pada saat menjabat ini ada sesuatu yang kemudian membuat yang bersangkutan layak, katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI. Hal ini melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 Di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Sedangkan, untuk 10 Jabatan Perwira Tinggi bintang tiga dalam Keputusan Panglima TNI tersebut adalah Pangkogabwilhan 3 yang dijabat Mayjen TNI Nyoman Cantiasa, Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari, dan Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Kemudian, Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo, Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Danpushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat.

Selanjutnya Dankodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono, dan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso. (*)

Topik Menarik