Loading...
Loading…
DPRD Minta Pemkot Surabaya Permudah Relokasi Pedagang Pasar Turi

DPRD Minta Pemkot Surabaya Permudah Relokasi Pedagang Pasar Turi

Nasional | jawapos | Jumat, 21 Januari 2022 - 19:22

JawaPos.com Pimpinan DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur,minta pemerintah kota membantu kemudahan relokasi bagi pedagang Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. Para pedagang selama ini menempati tempat penampungan sementara.

Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony mengatakan, menyambut baik rencana relokasi pedagang TPS Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. Dengan relokasi tersebut, pedagang akan mendapatkan tempat yang lebih layak, tidak berada di TPS yang makin lama makin kumuh, yang membuat perdagangan mereka tidak jalan, ujar Thony seperti dilansir dari Antara , Minggu (21/1).

Namun ada hal yang ditekankan legislator Partai Gerindra tersebut, yaitu perlu ada komitmen yang jelas dan tertulis soal hak dan kewajiban antara pedagang dan PT Gala Bumi Perkasa sebagai pihak pengelola Pasar Turi Baru. Misalnya PT Gala Bumi Perkasa berhak memungut biaya sewa kepada pedagang, namun kewajiban apa yang bisa diberikan ke pedagang, kata Thony.

A.H. Thoni juga menyarankan, pihak pengelola memberikan keringanan tarif sewa karena ketika pedagang masuk tidak serta merta ramai pembeli. Yang penting keberadaan bangunan tersebut bisa beroperasi sehingga pedagang masuk dengan harapan ramai pembeli sehingga mengembalikan nilai investasi, terang Thony.

Baca Juga :
Ribuan Pedagang Kembali Tempati Pasar Turi Baru Surabaya

Selain itu, lanjut dia, kesiapan dari Pasar Turi Baru, yang sudah lama tidak beroperasi. Meskipun bangunan tersebut baru, bisa jadi rusak karena waktu sebab tidak ada perawatan.

Untuk itu tolong juga dipersiapkan dari pihak PT Gala Bumi Perkasa jangan sampai ketika pedagang masuk, Pasar Turi Baru dalam kondisi apa adanya, tapi kelayakannya perlu dipertimbangkan, ucap Thony.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, adalah sosialisasi ke para pedagang, agar tidak menimbulkan polemik. Selama ini, ada pandangan bahwa pedagang tidak masuk karena disokong kepentingan pengusaha lain yang seolah-olah mendapatkan keuntungan ketika Pasar Turi tidak bangkit.

Sementara itu, AH Thoni berharap Pemkot Surabaya berperan strategis dalam relokasi pedagang TPS Pasar Turi, seperti halnya dengan memberikan insentif berupa keringanan kewajiban kepada PT Gala Bumi Perkasa atau memberikan sejumlah kemudahan.

Seperti persoalan spek bangunan yang menjadi persoalan antara PT Gala Bumi Perkasa dan Pemkot Surabaya sebagai pemilik lahan, papar Thony.

Baca Juga :
Pembukaan Pasar Turi Surabaya Jelang Ramadhan Tuai Respons Positif

A.H. Thoni mengapresiasi rencana relokasi pedagang TPS Pasar Turi sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi Surabaya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopum) Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos sebelumnya mengatakan, ada 1.128 pedagang yang menempati TPS Pasar Turi diverifikasi mulai 1719 Januari. Setelah dilakukan pendataan, pihaknya akan mencocokkan kembali data yang didapat selama tiga hari mendatang dengan data yang dimiliki PT Gala Bumi Perkasa selaku investor.

Itu (data) kami kroscek ulang, sudah benar atau belum dengan yang dimiliki Dinkopumdag dengan PT Gala Bumi Perkasa. Kalau sudah benar, nanti dilihat lagi, mana saja yang sudah masuk dan mana yang belum masuk ke Pasar Turi Baru. Yang belum, kami harapkan bisa segera masuk, ujar Fauzie Mustaqiem Yos.

Original Source

Topik Menarik