Loading...
Loading…
UGM Bakal Gelar Seleksi Calon Rektor, Ini Syaratnya

UGM Bakal Gelar Seleksi Calon Rektor, Ini Syaratnya

Nasional | inewsid | Jumat, 21 Januari 2022 - 17:48

JAKARTA, iNews.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan membuka Seleksi Bakal Calon Rektor dan Pemilihan Calon Rektor Periode 2022-2027. Rencananya, seleksi dimulai dengan periode pendaftaran yang dibuka pada 24 Januari hingga 9 Maret 2022.

Tahun ini menjadi momen penting bagi Universitas Gadjah Mada. Perihalnya, universitas terbesar di Indonesia ini akan melakukan seleksi bakal calon dan pemilihan calon rektor periode 2022-2027, terang Ketua Panitia Kerja Prof. Dr. Subagus Wahyuono dikutip dari laman resminya.

Adapun, syarat calon rektor UGM sendiri diatur dalam Peraturan Majelis Wali Amanat UGM No 3/2016 tentang Tata Cara Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada. Syarat Calon Rektor UGM

Lebih lanjut, Subagus memaparkan bahwa ada beberapa perubahan dalam proses seleksi calon rektor periode ini. Salah satunya adalah perluasan pelibatan publik dengan mengizinkan masyarakat mengajukan pertanyaan ataupun komentar terhadap bakal calon rektor melalui laman yang disediakan.

Pertanyaan dan masukan ini digunakan pertimbangan oleh Panitia Kerja dalam penetapan bakal calon rektor. Masukan tersebut memperkaya pemahaman SA untuk menyeleksi bakal calon menjadi tiga calon rektor, serta MWA memilih dan menetapkan Rektor UGM Periode 20222027, imbuhnya.

Baca Juga :
Enam Profesor Ditetapkan Sebagai Bakal Calon Rektor UGM

Selain itu, para bakal calon rektor UGM kali ini juga diwajibkan untuk membuat Surat Motivasi dan Narasi Personal. Kedua persyaratan ini termasuk di dalam dokumen Daftar Riwayat Hidup.

Harapannya, ke depan kinerja dan pencapaian dari Rektor UGM lebih mudah dinilai dan dievaluasi berdasarkan dokumen tersebut, harap dia.

Sementara itu, seleksi administrasi rektor UGM akan dilakukan pada 24 Maret 6 April 2022, dilanjutkan dengan Forum Aspirasi yang diselenggarakan pada 18 29 April 2022. Kemudian, seleksi oleh Senat Akademik berlangsung pada 9 13 Mei 2022, kemudian pemilihan dan penetapan oleh Majelis Wali Amanat dilakukan pada 17 20 Mei 2022.

Original Source

Topik Menarik