Transmisi Lokal Dominasi Penularan Covid-19

Transmisi Lokal Dominasi Penularan Covid-19

Nasional | jawapos | Jum'at, 21 Januari 2022 - 17:53
share

Fasilitas Isolasi Terpusat di Jakarta Terisi Separo

JawaPos.com Dalam tiga pekan terakhir, kasus positif Covid-19 nasional meningkat lima kali lipat. Satgas penanganan Covid-19 mencatat, sumber penularan kini didominasi transmisi lokal daripada bawaan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, kasus meningkat dari 1.123 menjadi 5.454 kasus. Kendati demikian, Wiku menyampaikan bahwa pertambahan kasus positif tersebut belum diikuti dengan peningkatan angka kematian. Tapi, tetap saja pola kasus positif yang bertambah setiap hari akan menjadikan kasus aktif juga meningkat, jelas Wiku kemarin (20/1).

Pada minggu ini, kata Wiku, kasus aktif berjumlah 8.605 kasus. Naik lebih dari 3.000 kasus jika dibandingkan dengan minggu lalu yang menjadi titik terendah kasus aktif di Indonesia sejak gempuran varian Delta pada pertengahan 2021. Yakni, tercatat 5.494 kasus.

Sejauh ini peningkatan kasus positif disebabkan dua sumber penularan. Yaitu, PPLN dan transmisi lokal. Namun, kata Wiku, saat ini kasus nasional lebih banyak didapati dari transmisi lokal. Bahkan, per 15 Januari 2022, 63 persen kasus positif merupakan transmisi lokal, ungkapnya.

Peningkatan kasus juga disumbangkan kepulangan rombongan jemaah umrah perdana pada 17 Januari lalu. Sebanyak 20 persen kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah, ujarnya.

Wiku menyatakan, pada prinsipnya, penularan sekecil apa pun harus dikendalikan agar tidak semakin meluas dan menimbulkan lonjakan kasus. Apalagi, dalam waktu dekat Indonesia memasuki beberapa momen penting seperti Tahun Baru Imlek dan Ramadan. Diperlukan pengaturan jemaah umrah di tengah keterbatasan kapasitas karantina dalam menampung keseluruhan PPLN, tutur Wiku.

Menurut dia, saat ini menahan diri untuk tidak ke luar negeri menjadi sangat penting. Wiku mengingatkan, memberi ruang virus menular sama dengan memberikan kesempatan bagi virus untuk bermutasi hingga ada varian baru. Memberi kesempatan virus untuk menular sama dengan menempatkan kelompok rentan dalam risiko yang lebih tinggi, jelasnya.

Satgas mencatat, per Januari 2022, dilaporkan 817 kasus Omicron dan 352 kasus Delta. Fasilitas isolasi terpusat (isoter) juga mulai terisi separo. Rusun Nagrak, Cilincing, saat ini terisi 24,9 persen dari kapasitas total 7.040 bed. Rusun Pasar Rumput terisi 58 persen dari total 5.946 bed. Wisma Atlet Pademangan terisi 56,6 persen dari total 5.796 bed. Kemudian, 134 hotel karantina terisi 45,8 persen dari total kapasitas 16.513 kamar.

Sementera itu, Wakil Presiden Maruf Amin secara khusus meminta kepala daerah di wilayah Jabodetabek terus mengantisipasi dan mewaspadai persebaran Omicron.

Karena kasus Omicron itu sudah mulai meningkat di daerah Jabodetabek. Dan, beberapa kabupaten dan kota di Banten ini tersambung (Jakarta, Red), terutama Tangerang Raya. Maka, saya minta antisipasi, tuturnya di kantor gubernur Banten kemarin. Sebagaimana diketahui, Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Pada kesempatan itu, Maruf juga menyinggung pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di sejumlah sekolah. PTM full di tengah pandemi tetap dilaksanakan secara fleksibel dan harus terus dievaluasi menyesuaikan kondisi terkini Covid-19 di daerah setempat.

Topik Menarik