Ridwan Kamil Jajal Track BMX Taman Brantas yang Didesainnya

Ridwan Kamil Jajal Track BMX Taman Brantas yang Didesainnya

Nasional | jawapos | Jum'at, 21 Januari 2022 - 17:00
share

JawaPos.com Taman Brantas Kediri merupakan salah satu karya desain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jumat (21/1), Ridwan Kamil mengunjungi Taman Brantas yang diresmikan pada 2019.

Kedatangan Ridwan Kamil disambut Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Keduanya berjalan-jalan di taman yang berada di pinggir sungai itu.

Gubernur yang juga berprofesi sebagai arsitek itu kemudian menikmati makan pagi sambil bernostalgia masa-masa ketika mendesain taman itu.

Dulu, waktu zaman jadi Wali Kota Bandung dipercaya sahabat saya, Wali Kota Kediri menata sisi Brantas, kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, sebenarnya semua kota yang dilewati sungai memiliki potensi wisata yang besar. Sehingga potensi untuk menjadi kota yang indah menjadi lebih besar.

Jadi ke kota ini melihat dan Pak Wali menyampaikan dulu di sini digunakan tempat orang untuk mabuk-mabukan. (Dulu) negatif di sini. Sekarang bisa dilihat ada skateboard, sepeda, olahraga, jelas Ridwan Kamil.

Konsep tempat yang kini menjadi jujukan warga Kota Kediri untuk nongkrong itu adalah public space yang mengelaborasikan taman aktif dan pasif.

Konsep taman ini adalah kombinasi taman aktif dan pasif. Yang di sini (BMX arena) taman aktif, buat anak muda, nongkrong, gitu . Kalau di sana, pohon-pohon untuk lansia atau dewasa dikasih zona sendiri, papar Ridwan Kamil.

Ciri kota yang bahagia disebut Ridwan Kamil, bisa dilihat dari kesukaan warga untuk nongkrong. Kalau ada kota yang warganya nggak suka nongkrong berarti ada salah dengan kotanya. Karena tidak memberikan ruang istirahat, jeda, break , rehat dari aktivitas sehari-hari, ujar Ridwan Kamil.

Karena itu, Ridwan Kamil dipercaya untuk menjadi desainer untuk Jembatan Brantas di samping Taman Brantas. Desain Jembatan Brantas itu disebut akan menjadi jembatan paling keren se-Indonesia.

Pemimpin harus membuat karya, mensupport, dan tolong menolong. Ini termasuk ada request jembatan lama ini akan didesain ulang jadi jembatan terkeren se- Indonesia. Tunggu tanggal mainnya, ucap Ridwan Kamil.

Tak hanya berjalan-jalan, Ridwan Kamil juga menyapa komunitas Kediri Skateboard dan BMX Kediri yang sedang bermain di sana. Dia kemudian meminjam sepeda dua anggota komunitas BMX, Yogatheo dan Sunny.

Bersama Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Ridwan Kamil mengendarai sepeda BMX melintasi arena. Dia tampak lincah dan balapan dengan Mas Abu.

Sesekali, Ridwan Kamil berhenti dan melihat Jembatan Brantas yang tepat berada di dekat BMX Arena. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Lama itu berdiri sejak 151 tahun lalu.

Mas Abu memilih Ridwan Kamil untuk mendesain Jembatan Brantas karena keduanya dekat. Pada masa awal kepemimpinannya, Ridwan Kamil banyak membantunya.

Saya banyak konsultasi dengan Kang Emil. Terutama soal public space , terang Mas Abu.

Mas Abu menyebut Jembatan Brantas merupakan peninggalan zaman Belanda. Konon katanya jembatan itu lebih tua dibanding Jembatan London.

Sangat tua, tapi bisa dimanfaatkan untuk public space bagi masyarakat. Nanti rencananya jadi jalur pedestrian. Pokoknya pesannya cuma satu, jadi jembatan terkeren se-Indonesia, ujar Mas Abu.

Perjalanan Ridwan Kamil berlanjut ke Kampung Inggris di Pare, Kediri. Kehadirannya disambut riuh siswa yang menempuh pendidikan di sana. Di hadapan ribuan siswa, sosok yang dikenal dekat dengan anak muda itu memberikan kata-kata inspirasi.

Tahun 1945 dulu, Indonesia merdeka. Tahun 2045 mendatang, Indonesia jadi negara adidaya. Siapa lagi punggawanya kalau bukan teman-teman ini, kata Ridwan Kamil

Untuk mewujudkan itu, kuncinya adalah kondisi politik Indonesia harus kondusif dan aman. Tanpa pertengkaran, kalian bisa berkembang. Teman-teman lah sosok yang akan menjadi peacekeeper, pesan Ridwan Kamil.

Topik Menarik