Loading...
Loading…
Pemprov NTB Targetkan 600 Ribu Orang Dapat Suntikan Booster

Pemprov NTB Targetkan 600 Ribu Orang Dapat Suntikan Booster

Nasional | lombokpost | Jumat, 21 Januari 2022 - 09:15

MATARAM -Satgas Percepatan Vaksinasi Pemprov NTB menargetkan vaksinasi suntikan ketiga kepada 600 ribu jiwa di 10 kabupaten/kota. Masing-masing daerah kita berikan target, kalau bisa 5 ribu orang per hari, kata Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi NTB dr H Lalu Herman Mahaputra, kemarin (20/1).

Vaksinasi booster sudah dimulai Pemprov NTB, dilaunching Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah di RS Mandalika, Lombok Tengah, Rabu (19/1). Mereka yang bisa mendapat booster atau suntikan vaksin ketiga, harus sudah mendapat vaksinasi lengkap di dosis pertama dan kedua enam bulan sebelumnya.

Ada target harian yang dicanangkan Satgas Percepatan Vaksinasi untuk vaksinasi booster. Dengan harapan imunitas masyarakat NTB tetap berada pada level tertinggi, sehingga ada jaminan kesehatan saat penyelenggaraan MotoGP di Maret nanti.

Kalau target, kita minta 50 ribu orang dapat booster per hari. Kalau dibagi 10 kabupaten/kota, masing-masing harus lima ribu orang, ujar pria yang akrab disapa Dokter Jack itu.

Kata Jack, Lombok Tengah (Loteng) sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP menjadi fokus percepatan vaksinasi booster. Di wilayah ini, dari total target sementara vaksinasi booster, Pemkab Loteng diminta melakukan booster terhadap 25 ribu warganya sebelum MotoGP digelar.

Kita hitung dari enam bulan sebelumnya, yang sudah dapat dosis kedua itu sampai 25 ribu, sebutnya.

Satgas dipastikan akan membantu seluruh pemda untuk mengakselerasi capain vaksinasi booster. Jack juga berharap masyarakat, yang merasa mendapat vaksinasi dosis kedua enam bulan sebelumnya, mendatangi fasilitas layanan kesehatan terdekat. Agar bisa menerima vaksin suntikan ketiga.

Ketersediaan vaksin kita insya Allah cukup. Kita terus lakukan percepatan vaksinasi, agar MotoGP bisa sukses digelar, tegas Jack.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB dr H Lalu Hamzi Fikri mengatakan, vaksin booster sudah dikirim ke kabupaten/kota. Stok vaksin di gudang kita juga masih ada. Bisa juga diambil di sana nanti, kata Fikri.

Jumlah sasaran booster, tetap mengacu pada total target vaksinasi di NTB. Yakni sebanyak 70 persen dari seluruh penduduk atau sekitar 3,9 juta jiwa. Tetap bertahap, sasarannya sudah ada di kabupaten/kota. Disesuaikan dengan enam bulan setelah dosis kedua itu, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah berharap target vaksinasi booster bisa tercapai dengan cepat. Terutama di wilayah Loteng yang sebanyak 25 ribu orang. Sebelum MotoGP harus sudah bisa tercapai, katanya. (dit/r5)

Original Source

Topik Menarik